Analisis Faktor Kebijakan Immigration Control And Refugee Recognition Act Jepang Tahun 2014

Hasian, Lucky Prasadja (2019) Analisis Faktor Kebijakan Immigration Control And Refugee Recognition Act Jepang Tahun 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu imigrasi adalah salah satu isu yang menjadi sangat sentral pada dewasa ini. Semakin kuatnya arus globalisasi dan juga semakin mudahnya sarana transportasi juga menjadi faktor pendorong utama mengapa imigrasi menjadi mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, Jepang seperti yang kita tahu adalah satu negara yang bisa dibilang tidak terlalu terkenal dengan isu imigrasi. Bahkan Jepang sendiri adalah negara yang bisa dibilang dengan negara yang sangat ketat jika dilihat melalui aspek imigrasi itu sendiri. Hal ini dapat dibuktikan dengan dilakukan nya kebijakan pay-to-go yang dilakukan oleh Jepang untuk memastikan bahwa mereka memiliki arah kebijakan yang tidak mengakomodir para imigran untuk tetap tinggal di negara mereka. Pada tahun 2012, Shinzo Abe kembali dilantik menjadi perdana menteri Jepang dan mengeluarkan beberapa agenda kebijakan baru untuk mengatasi berbagai permasalahan baik dalam ruang lingkup dalam negeri ataupun ruang lingkup luar negeri. Salah satu agenda kebijakan ini adalah dengan di amandemen nya kebijakan Immigration Control and Refugee Recognition Act pada Juni 2014 silam. Kebijakan ini pada dasarnya bertujuan untuk mempromosikan penerimaan warga negara asing (imigran) yang sekiranya akan memiliki kontribusi di dalam perekonomian itu sendiri. Oleh karena itu, penulis menganggap bahwa hal ini adalah salah satu fenomena yang menarik untuk diteliti dikarenakan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Jepang adalah salah satu negara dengan kebijakan imigrasi yang cukup ketat. Namun dengan di amandemen nya kebijakan Immigration Control and Refugee and Recognition Act pada tahun 2014 lalu seakan menjadi kiblat kebijakan baru bagi pemerintah Jepang dalam merespons isu imigrasi tersebut.

English Abstract

Topics regarding immigration is one of the most important topics to talk about these days. The reason of this is none other that the growing wave of globalization and the fact that means of transporttion also become even more flexible than how it used to be also one of the reason why immigration is easier to be done. Even so, Japan is actually one of the countries that that’s not really affected with these immigration issues, and Japan itself is known as a strict country if you see it based on it’s immigration aspect alone. The pay-to-go policy is actually one of Japan’s stand regarding immigrants itself which basically they don’t want to accomodate and prefer to pay the immigrants to leave the country by themselves. In 2012, Shinzo Abe is elected again as the prime minister of Japan and he makes some new agenda regarding di policy to tackle the issue that’s been happening in Japan. Either on domestic area or non-domestic area. One of these policy is the amandement of Immigration Control and Refugee Recognition Act in June 2014. This policy is basically to promote the acceptance of foreign workers which possibly will have impact on Japan’s economy. Based on that, the author thought that this is actually a unique phenomena that’s been happening in Japan because as we know Japan is one of the countries that have a strict immigration policy. But, with this policy (Immigration Control and Refugee Recognition Act) in 2014 we can say that Japan have a new direction on regarding on how the tackle the immigration issue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1174/052000709
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Luar Negeri, Jepang, Imigrasi, Kebijakan Pengendalian Imigrasi-Foreign Policy, Japan, Immigration, Immigration Control Policy
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:54
Last Modified: 26 Oct 2020 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178620
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item