Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Teknologi Finansial (Financial Technology) (Studi Layanan Go-Pay Pada Aplikasi Penyedia Jasa Transportasi Online Go-Jek di Kota Malang)

Tsalazatunnysa, Rachma (2019) Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Teknologi Finansial (Financial Technology) (Studi Layanan Go-Pay Pada Aplikasi Penyedia Jasa Transportasi Online Go-Jek di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Uang elektronik dan pembayaran digital tumbuh dan berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Uang elektronik menjadi salah satu program yang dicanangkan pemerintah untuk menstimulasi masyarakat dalam menggunakan instrumen pembayaran non-tunai di kemudian hari. Banyak bank dan perusahaan non-bank di Indonesia yang menerbitkan uang elektronik (e-money) sebagai inovasi produk mereka. Go-Jek adalah penyedia jasa transportasi online di Indonesia dan memiliki metode pembayaran non-tunai yang bernama go-pay. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi masyarakat terhadap layanan teknologi finansial (financial technology). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan yaitu PLS (Partial Least Square), metode ini cocok untuk meneliti persepsi manusia. Responden sebanyak 151 orang yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum pengguna layanan go-pay sebagai salah satu metode pembayaran yang mereka gunakan. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi kemanfaatan, persepsi harga dan persepsi kredibilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan go-pay sebagai instrumen pembayaran di kemudian hari. Sedangkan variabel persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen.

English Abstract

E-money and digital payment is growing rapidly in Indonesia these days. E-money became one of the programs intensified by the government to stimulate society on using non-cash in the future. Many banks and non-bank companies in Indonesia create e-money as of the inovation of their product. Go-Jek is an online transportation provider in Indonesia and have a non-cash payment method called Go-Pay. This study aims to identify the effect of people’s perception on financial technology services. The cathegory is quantitative research and using PLS (Partial Least Square) as analysis method, which is suitable to identify perception of the human being. The respondent, 151 in total, sampled from college student and general public who use Go-Pay as one of their payment options. Based on the research results, perceived usefulness, perceived price, and perceived credibility have positive and significant effect on consumer’s decicion to use Go-Pay as payment method in the future. And variable perceived ease of use has unsignificantly positive effect on consumer’s decicion to use Go-Pay in the future transaction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/644/052000807
Uncontrolled Keywords: e-money, digital payment, technology, perception, TAM
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.4 Money
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Nov 2020 16:37
Last Modified: 14 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178606
[thumbnail of Rachma Tsalazatunnysa (2).pdf] Text
Rachma Tsalazatunnysa (2).pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item