Visualisasi dan Aktivitas Enzim Fosfolipase A2 Bisa Trimeresurus albolabris Gray, 1842 dan Trimeresurus insularis Kramer, 1977 pada Variasi Pelakuan Suhu dan Waktu Penyimpanan

Rumondang, Yonadyaprilla Nayomi (2019) Visualisasi dan Aktivitas Enzim Fosfolipase A2 Bisa Trimeresurus albolabris Gray, 1842 dan Trimeresurus insularis Kramer, 1977 pada Variasi Pelakuan Suhu dan Waktu Penyimpanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisa ular tersusun atas berbagai macam enzim dengan berbagai macam kelimpahan. Kandungan bisa ular satu spesies akan berbeda dengan spesies lainnya. Salah satu komponen mayor pada bisa ular adalah Fosfolipase A2 (PLA2). PLA2 merupakan enzim berukuran kecil (13-15 kDa) yang cenderung stabil terhadap suhu bila dibandingkan dengan enzim penyusun bisa ular lainnya. Penelitian ini dilakukan pada bisa Trimeresurus albolabris dan Trimeresurus insularis yang termasuk dalam kategori I dan II ular penting di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis visualisasi dan aktivitas PLA2 pada variasi perlakuan suhu dan waktu penyimpanan. Bisa ular disimpan pada tiga suhu yang berbeda, yaitu -80 °C, 4 °C dan 37 °C, pada waktu penyimpanan 7 hari, 9 hari dan 14 hari. Visualisasi PLA2 dilakukan dengan SDS-PAGE dan uji akitivitas PLA2 dilakukan secara asidimetri menggunakan substrat fosfolipid dari kuning telur. Perlakuan penyimpanan yang telah dilakukan tidak memengaruhi visualisasi PLA2 pada SDS-PAGE. Uji aktivitas yang dilakukan menyatakan bahwa lama penyimpanan tidak memberikan pengaruh pada laju aktivitas PLA2. Penyimpanan bisa pada suhu -80°C dan 4°C dapat menjaga laju aktivitas PLA2 tetap stabil bila dibandingkan dengan kontrol. Penurunan laju aktivitas terjadi pada penyimpanan suhu 37°C. Penyimpanan bisa T. albolabris dan T. insularis dalam kurun waktu 14 hari disarankan dilakukan pada suhu -80 °C dan 4°C.

English Abstract

Snake venom is composed of various kinds of enzymes with various kinds of abundance. Snake venom is very specific to one another so that in the same species the venom content can be different. One of the major components of snake venom is Phospholipase A2 (PLA2). PLA2 is a small molecular weight enzyme that tends to be stable at high temperatures. This research was conducted to analyze the visualization and activity of Trimeresurus albolabris and Trimeresurus insularis venom PLA2 on variation of storage temperature and time. All aliquoted samples were kept on -80°C, 4°C and 37°C for 7, 9 and 14 days. To analyze the visualization of PLA2, crude venoms were separated by SDS=PAGE. PLA2 activities were measured by acidimetric methods using egg yolk as the source of fosfolipids. Variation of storage temperature and time were given no effect on visualization of PLA2. PLA2 activities were stable at temperature storage of -80 °C and 4°C but were not stable at temperature storage of 37°C, based on a decrease in the rate of PLA2 activity. This research suggests that storage temperature -80°C and 4°C are the suitable temperature for storing snake venom within 14 days.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/168/051910871
Uncontrolled Keywords: bisa ular, fosfolipase A2, suhu penyimpanan, Trimeresurus, waktu penyimpanan, phospholipase A2, snake venom, storage temperature, storage time, Trimeresurus
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 536 Heat > 536.5 Temperature
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:24
Last Modified: 10 Aug 2020 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178600
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item