Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Melakukan Keputusan Pemilihan Universitas (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Badaruddin, Muhammad Ihsan (2019) Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Melakukan Keputusan Pemilihan Universitas (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengidentifikasi faktor utama yang membuat Mahasiswa melakukan Keputusan Pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. (2) Menganalisis apakah Program, Harga, Tempat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses dan Bukti Fisik memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. (3) Menganalisis apakah Program, Harga, Tempat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses dan Bukti Fisik memiliki pengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri Program, Harga, Tempat, Promosi, Sumber Daya Manusia, Proses, Bukti Fisik dan Keputusan Pemilihan. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya per September 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara langsung (offline) 118 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisa faktor dan regresi liniar berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor-faktor bauran pemasaran berpengaruh secara langsung pada keputusan pemilihan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya oleh mahasiswa. Diperlukan suatu penelitian dengan lingkup yang lebih luas pada tingkat universitas karena penelitian ini hanya menggunakan lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Diperlukan juga suatu penelitian kualitatif untuk mendapatkan gambaran variabel yang lebih tepat dalam konteks keIndonesia-an, karena secara umum penggunaan dasar teori dari luar tidak memenuhi kesamaan antropologi, sosiologi dan budaya Indonesia.

English Abstract

This study aims to (1) Identify the main factors that make students make the Choosing Decision of the Faculty of Administrative Science, Universitas Brawijaya. (2) Analyzing whether the Program, Price, Place, Promotion, Human Resources, Processes and Physical Evidence have a simultaneous influence on the Faculty of Administrative Science, Universitas Brawijaya’s Student Choices. (3) Analyzing whether the Program, Price, Place, Promotion, Human Resources, Process and Physical Evidence has a partial influence on the Choosing Decision of the Faculty of Administrative Science, Universitas Brawijaya. Type of this research is explanatory research with a quantitative approach. The variables in this study consisted of Programs, Prices, Places, Promotions, Human Resources, Processes, Physical Evidence and Student Choices. Population criteria in this study were active students of the Faculty of Administrative Science Universitas Brawijaya which was recorded in September 2019. The sampling technique used was purposive sampling and data collection methods through distributing questionnaires directly (offline) 118 respondents in accordance with population criteria. Analysis of the data used is descriptive analysis, factor analysis and multiple linear regression. The results of the research prove that marketing mix factors directly influencing the student choices of the Faculty of Administrative Science, Universitas Brawijaya by prospective students. A broader scope of research is needed at the university level regarding this research only used research locations in the Faculty of Administrative Science, Universitas Brawijaya. A qualitative study is needed to have more precise picture of variables in the context of Indonesia, because in general the use of basic theories from outside does not meet the similarities of anthropology, sociology and Indonesian culture.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/878/052001047
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, pemilihan universitas, analisis faktor, regresi liniar berganda marketing mix, student choice, factor analysis, multiple linear regression
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:40
Last Modified: 21 Oct 2021 00:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178589
[thumbnail of Muhammad Ihsan Badaruddin.pdf]
Preview
Text
Muhammad Ihsan Badaruddin.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item