Penerapan Metode Partial Least Square Untuk Menentukan Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Koran Malang Post

Astana, Bunga (2019) Penerapan Metode Partial Least Square Untuk Menentukan Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Koran Malang Post. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu media cetak yaitu surat kabar di era perkembangan teknologi saat ini sebagai penyedia informasi dihadapkan pada persaingan dengan sesama perusahaan dan media online. Oleh karena itu, surat kabar perlu mengambil inisiatif untuk memperbaiki kualitas produknya guna mempertahankan eksistensi dan memiliki pembaca setia. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan yang nantinya juga berdampak pada loyalitas pelanggan. Pada penelitian kali ini dilakukan di Kota Malang menggunakan surat kabar Malang Post. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, yang kemudian di analisis statistika sesuai dengan permasalahan yang diteliti, yaitu Partial Least Square Path Modelling (PLS-PM). Analisis PLS-PM dapat digunakan pada sampel yang sedikit, yaitu kurang dari 100 sampel. Selain itu, PLS-PM dapat mengestimasi hubungan antara variabel laten dengan indikator yang digunakan untuk menentukan faktor-faktor berpengaruh dalam model. Dari penelitian yang sudah dilakukan, memperoleh hasil bahwa indikator yang paling dominan dalam membentuk variabel kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk. Sedangkan indikator yang paling dominan dalam menentukan kualitas produk yaitu headline berita yang menarik. Selain itu, diketahui juga bahwa kualitas Malang Post sudah baik sehingga mampu memberikan kepuasan yang tinggi terhadap pelanggan. Namun kualitas yang baik tersebut belum terlalu mampu menjadikan pelanggan loyal terhadap Malang Post.

English Abstract

One of the print media namely newspapers in the era of current technological developments as information providers is faced with competition with fellow companies and online media. Therefore, newspapers need to take the initiative to improve the quality of their products in order to maintain their existence and have loyal readers. This can be done by increasing customer satisfaction which will also have an impact on customer loyalty. This research was conducted in Malang City using Malang Post newspaper. The method used for data collection is by using questionnaires, which are then analyzed statistically according to the problems studied, namely Partial Least Square Path Modeling (PLS-PM). PLS-PM analysis can be used in a small sample of less than 100 samples. In addition, PLS-PM can estimate the relationship between latent variables and indicators used to determine the influential factors in the model. From the research that has been done, obtain the results that the most dominant indicator in forming variable customer satisfaction is product quality. While the most dominant indicators in determining product quality are interesting news headlines. In addition, it is also known that Malang Post's quality is good so it is able to provide high satisfaction to customers. But the good quality is not too able to make loyal customers towards Malang Post.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/161/051910864
Uncontrolled Keywords: Pls-Pm, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan. PLS-PM, Customer Satisfaction, Customer Loyalty.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 522 Techniques, procedures, apparatus, equipment, materials > 522.6 Special methods of observation
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:40
Last Modified: 10 Aug 2020 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178587
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item