Pemilihan Jasa Ekspedisi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: Online Shop pada Online Community Kota Batu)

Santosa, Arin Puspita Dewi (2019) Pemilihan Jasa Ekspedisi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: Online Shop pada Online Community Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis online atau online shop telah menjadi sebuah tren dan kebutuhan di masa sekarang. Untuk mendistribusikan barang dagangan dari online shop kepada para konsumen dibutuhkan suatu jasa ekspedisi. Terdapat berbagai macam jasa ekspedisi atau pengiriman barang seperti contohnya JNE, J&T, Pos Indonesia, TIKI, dan lain-lain, maka diperlukan sistem pendukung keputusan untuk memilih jasa ekspedisi terbaik yang digunakan oleh online shop tersebut. Skripsi ini akan membahas penggunaan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam pemilihan jasa ekspedisi guna membantu pelaku bisnis online dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat. Tempat penelitian adalah Online Community Kota Batu dengan responden pelaku bisnis online yang bergabung dalam komunitas tersebut. Tujuan dari pembahasan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui urutan prioritas kriteria, sub kriteria, dan alternatif pemilihan jasa ekspedisi pada online shop yang tergabung dalam Online Community Kota Batu. Berdasarkan metode AHP diperoleh kriteria dan sub kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan jasa ekspedisi yaitu kriteria permintaan pelanggan dengan bobot 0,389 dan sub kriteria barang tidak hilang dengan bobot 0,067. Berdasarkan kriteria dan sub kriteria maka didapatkan urutan prioritas alternatif jasa ekspedisi yaitu Pos Indonesia di urutan pertama dengan bobot 0,281. Setelah itu J&T dan JNE dengan bobot 0,272 dan 0,269, pada urutan terakhir yaitu jasa ekspedisi TIKI dengan bobot 0,178.

English Abstract

Online business or online shop has become a trend and need in the present. To distribute merchandise from an online shop to consumers an expedition service is needed. There are various kinds of freight forwarding or shipping services such as JNE, J&T, Pos Indonesia, TIKI, and others, so a decision support system is needed to choose the best expedition service used by the online shop. This research will discuss the use of the Analitycal Hierarchy Process (AHP) method in the selection of expedition services to help online businesses in choosing the right expedition services. The place of research was the Batu City Online Community with respondents from online businesses who joined the community. The purpose of the discussion in this study is to find out the order of priority criteria, sub criteria, and alternative selection of expedition services at online shops that are members of the Online Community of Batu City. Based on the AHP method, the criteria and sub criteria that are most influential in the selection of expedition services are the criteria for customer demand with a weight of 0.389 and the sub criteria of goods not lost with a weight of 0.067. Based on the criteria and sub criteria, the order of priority for expedition services is obtained, namely Pos Indonesia in the first place with a weight of 0.281. After that J&T and JNE weighed 0.272 and 0.269, in the last order, TIKI expedition services weighing 0.178.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/144/051910847
Uncontrolled Keywords: online shop, jasa ekspedisi, Analytical Hierarchy Process (AHP), online shop, expedition service, Analytical Hierarchy Process (AHP).
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 518 Numerical analysis > 518.6 Numerical methods in analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 10 Aug 2020 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178556
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item