Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian Bahan Baku dan Pengeluaran Kas untuk Mendukung Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Kremboong)

Khasan, Mohammad Nur (2019) Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian Bahan Baku dan Pengeluaran Kas untuk Mendukung Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Kremboong). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu strategi perusahan manufaktur adalah dengan memperbaiki sistem yang telah diterapkan sebelumnya, khususnya dalam hal sistem akuntansi. Suatu sistem akuntansi disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pihak luar maupun dalam perusahan. Informasi suatu perusahaan, terutama informasi keuangan, dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan sistem pembelian yang baik, dapat menciptakan informasi yang jelas bagi pihak manajemen perusahaan. Penerapan sistem akuntansi pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan dapat mengoptimalkan biaya operasional yang dikeluarkan dan dapat mengefektifkan tenaga kerja yang dimiliki. Untuk itu perlu adanya analisis sistem tersebut khususnya dalam hal sistem pembelian bahan baku dan pengeluaran kas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem dan prosedur pembelian bahan baku dan pengeluaran kas sehingga dapat mendukung pengendalian intern perusahaan yang terdapat pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Kremboong. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskripti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari kegiatan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem akuntansi pembelian bahan baku dan pengeluaran kas sudah cukup baik untuk mendukung pengendalian intern. Masih terdapatnya perangkapan fungsi yang mengakibatkan praktik-praktik yang tidak sehat yang dilakukan oleh fungsi terkait, dokumen yang digunakan hanya dibuat satu rangkap dan belum disertai dokumen pendukung yang lengkap. Beberapa kelemahan tersebut memerlukan perbaikan agar sistem diperusahaan berjalan dengan baik. Perbaikan yang diperlukan adalah dengan memisahkan fungsi yang tidak boleh dirangkap dan melengkapi catatan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan.

English Abstract

One of the strategies of manufacturing companies to maintain the company's existence is to improve the system that has been applied before, especially in the case of the accounting system. An accounting system is structured to meet the information needs of outside parties and within the company. Information of a company, especially financial information, is needed by interested parties. With a good purchasing system, it can create clear information for company management. The implementation of an accounting system for cash disbursements within a company can optimize operational costs incurred and can make the workforce more effective. For this reason, it is necessary to have an analysis of the system, especially in the case of raw material purchasing and cash disbursements. The purpose of this study is to find out how the application of systems and procedures for purchasing raw materials and cash disbursements so as to support the company's internal control at PT. Perkebunan Nusantara X Kremboong Sugar Factory. This type of research conducted in this research is descriptive research. The data used in this study are primary and secondary data obtained from interviews and documentation. The results showed that the application of the accounting system for raw material purchases and cash disbursements was good enough to support internal control. There are still duplication of functions resulting in unhealthy practices carried out by the related functions, the documents used are only made in one copy and not yet accompanied by complete supporting documents. Some of these weaknesses require improvements so that the company's system runs well. The necessary improvement is to separate functions that cannot be duplicated and complete the accounting records used by the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/899/052001066
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Nov 2020 14:36
Last Modified: 21 Oct 2021 00:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178554
[thumbnail of Mohammad Nur Khasan.pdf]
Preview
Text
Mohammad Nur Khasan.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item