Tindakan Minum Kecubung “Nyobong” (Studi Pada Pemaknaan Anak Remaja Di Dusun Jarak Desa Cobong Kecamatan Gadong Kabupaten Malang)

Dardiri, Hudan (2019) Tindakan Minum Kecubung “Nyobong” (Studi Pada Pemaknaan Anak Remaja Di Dusun Jarak Desa Cobong Kecamatan Gadong Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan teori yang dipergunakan oleh peneliti adalah interaksionalisme simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer yang mana pada teori interaksionalisme simbolik tersebut melihat bagaimana interaksi seorang remaja dalam kelompok peminum memperoleh pengetahuan, makna, penempatan diri terhadap apa yang dilihat di dalam proses berkomunikasi tersebut. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian menunjukkan bahwa ada dua faktor yang mendorong remaja berperilaku tersebut yaitu faktor memaknai tindakan dengan teman seperti melihat bagaimana mereka melakukan komunikasi antar sesama remaja, dan juga faktor permasalahan yang sedang mereka hadapi meliputi: keluarga, kondisi sosial ekonomi, teman bermain (bergaul), dan penggunaan waktu luang. Penelitian ini penting untuk dikaji karena Suatu tindakan yang dilakukan karena melihat upaya seorang anak remaja pada tindakan yang dilakukannya melatarbelakangi pertumbuhan pada usia tersebut mengalami pencarian jati diri seorang anak yang usianya kian bertambah. Melihat pada hal tersebut jika dalam pengambilan keputusan seorang remaja sangat bebas dalam pergaulannya dikarenakan anggapan salah ataupun benar dalam mengambil keputusan maka bisa bertentangan dengan norma-norma yang ada di dalam lingkungan masyarakat. Begitu juga dengan tindakan meminum minuman yang memabukkan yang dilakukan remaja, dikatakan salah bukan hanya karena tindakan tersebut bersifat melawan undang-undang, akan tetapi tindakan tersebut termasuk di dalamnya melawan nilai-nilai dan norma yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui faktor apa yang melatarbelakangi remaja berperilaku mabuk-mabukan atau Nyobong.

English Abstract

The research methodology used is qualitative by using a descriptive approach and the theory used by researchers is symbolic interactionalism proposed by Herbert Blumer, which in the symbolic interactional theory looks at how the interaction of a teenager in a group of drinkers acquires knowledge, meaning, self-placement of what is seen in the process of communicating. Based on the results of data analysis from research shows that there are two factors that encourage adolescents to behave, they are interaction with friends such as seeing how they communicate among teenagers, and also the problem factors they are facing include: family, socioeconomic conditions, playmates ( socializing), and the use of free time. This research is important to study because an action taken because of seeing the efforts of a teenager in the actions he did against the growth at that age experienced the search for the identity of a child whose age is increasing. Looking at this matter, if in making a teenager is very free in their relationships due to the assumption of right or wrong in making decisions, it can be contrary to the norms that exist in the community. Likewise with the act of drinking intoxicating drinks carried out by adolescents, said to be wrong not only because these actions are against the law, but these actions include against the values and norms that exist in society. This research focuses to find out what factors are the background of adolescents behaving drunk or Nyobong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1195/052001865
Uncontrolled Keywords: Tindakan, Remaja Nyobong, interaksi, makna dan masalah sosial-Action, Nyobong Teenagers, interactio, mean and social problems
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.7 Young people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:48
Last Modified: 16 Oct 2020 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178539
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item