Pengaruh Pelatihan Pelayanan Prima Terhadap Kinerja (studi pada PT. BPR Maha Bhoga Marga kecamatan Mengwi, kabupaten Badung-Bali)

Adnyana, Agus Gede Wily (2019) Pengaruh Pelatihan Pelayanan Prima Terhadap Kinerja (studi pada PT. BPR Maha Bhoga Marga kecamatan Mengwi, kabupaten Badung-Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja merupakan tolak ukur yang digunakan oleh perusahaan sebagai acuan dalam menilai hasil kinerja karyawan. Perusahaan-perusahaan yang berorientasi laba dan organisasi pemerintah atau sector public juga dipengaruhi oleh kualitas sumberdaya manusia yang bersangkutan. Perusahaan-perusahaan yang berorientasi laba dan organisasi pemerintah atau sektor publik juga dipengaruhi oleh kualitas sumberdaya manusia yang baik untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi. Berbagai upaya dilakukan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yaitu dengan cara pelatihan pegawai, baik pelatihan yang dilakukan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan baik tempat maupun instrukturnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pelayanan prima terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan pada PT. BPR Maha Bhoga Marga, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung-Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mencatat dokumentasi dan menyebar kuesioner yang berisikan pertanyaan pertanyaan mengenai variabel terkait dalam penelitian ini, selanjutnya pengumpulan data sekunder yaitu dengan melihat pustaka tertulis sebagai refrensi tambahan. Responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah seluruh staff yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif, teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan variabel bebas pelatihan pelayanan prima (X) dengan sub variabel pelatihan pelayanan prima berbasis pengetahuan (X1), pelatihan pelayanan prima berbasis keterampilan (X2) dan pelatihan prima berbasis sikap mental (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pelatihan pelayanan prima pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung-Bali memiliki pengaruh secara simultan yang positif terhadap kinerja. Secara parsial sub variabel pelatihan pelayanan prima berbasis pengetahuan (X1) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja (Y) karena terbukti nilai sig t 0,0668 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung 1,981. Selanjutnya R2 yang menghasilkan nilai sebesar 0,517 yang berarti bahwa variabel bebas dalam penelitian ini atau pelatihan pelayanan prima memiliki pengaruh sebesar 51,7% terhadap kinerja dan sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijabarkan dalam penelitian ini.

English Abstract

Performance is a benchmark used by companies as a reference in assessing employee performance results. Profit-oriented companies and government or public sector organizations are also influenced by the quality of human resources concerned. Profit oriented companies and government organizations or the public sector is also influenced by the quality of human resources that are good to support achievement of organizational goals. Various efforts have been made by companies to improve the quality of human resources, namely by training employees, both training conducted within the company and outside the company both in place and instructor. The study aims to determine the effect of excellent service training on employee performance both partially and simultaneously at PT. BPR Maha Bhoga Marga, Mengwi District, Badung-Bali Regency. The data collection method used is recording documentation and distributing questionnaires containing question questions regarding the related variables in this study, then secondary data collection is by looking at the written literature as an additional reference. Respondents needed in this study were all 38 staff. This type of research includes Quantitative research, the analytical technique used is multiple linear analysis with the independent variable excellent service training (X) with sub-knowledge training based on knowledge base (X1), skill-based excellent service training (X2) and mental attitude-based prime training (X3) while the dependent variable is performance (Y). From the results of the study note that, excellent service training at PT. BPR Maha Bhoga Marga Mengwi District Badung-Bali Regency has a positive and simultaneous influence on performance. Partially the knowledge-based prime service training sub variable (X1) has a non-significant effect on performance (Y) because it is proven that the value of sig t 0.0668 is greater than 0.05 and the value of t arithmetic is 1.981. Furthermore R2 which produces a value of 0.517, which means that the independent variables in this study or excellent service training have an influence of 51.7% on performance and the remaining 48.3% is influenced by other variables not described in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/871/052001040
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pelayanan Prima, Kinerja Exellence Service Training, Performance
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.66 Utilization and training
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:38
Last Modified: 21 Oct 2021 00:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178530
[thumbnail of Agus Gede Wily Adnyana.pdf]
Preview
Text
Agus Gede Wily Adnyana.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item