Kontribusi Biro Jasa Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Perhubungan Kabupaten Mojokerto)

Yuswanendra, Zukhruf Bara (2019) Kontribusi Biro Jasa Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Perhubungan Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengujian Kendaraan Bermotor DPRKP2 Kabupaten Mojokerto masih belum bisa melayani masyarakat secara maksimal dan terlalu bergantung pada pihak biro jasa yang selama ini sangat berpengaruh dalam proses pelayanan publik khususnya pada bagian administratif. Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus ini menganalisis kontribusi biro jasa dalam pelayanan publik, terutama kontribusi terhadap street level bureaucrats pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Dan Perhubungan Kabupaten Mojokerto. Penelitian sebelumnya mengenai street level bureaucrats melakukan diskresi kebijakan karena apa yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan kebijakan serta beban dari pemerintah dan permintaan dari masyarakat yang menekan para street level bureaucrats, serta menyebabkan perubahan kualitas demi pemenuhan kuantitas pelayanan. Studi ini kemudian memperluas logika politik dengan mengungkapkan bahwa pihak diluar birokrasi, dalam hal ini adalah biro jasa dapat menjadi salah satu alat dan penyebab terjadinya diskresi oleh street level bureaucrats. Terutama pada kerja sama yang dilakukan oleh street level bureaucrats dengan biro jasa dalam pemenuhan kebutuhan konsumen pelayanan yang kemudian ditemukan terlaksana secara illegal demi pemenuhan kuantitas pelayanan. Pendapat ini kemudian didukung oleh budaya kerja dan pemenuhan sarana yang terhenti dan tidak berkembang karena kuantitas pelayanan dapat terpenuhi dengan baik dengan bantuan biro jasa. Pelayanan yang terlaksana dengan melibatkan biro jasa saat ini menyebabkan masyarakat dan pemerintah saling memberi penilaian (stereotyping) ketidak mampuan kepada satu sama lain sehingga menyebabkan tidak munculnya kepercayaan, komunikasi dan partisipasi dalam mengembangkan pelayanan publik sehingga penyelenggaraan pelayanan publik akan diam ditempat dan menjadi pasif dalam pelaksanaan dan pengembangan kebijakan publik

English Abstract

Vehicle Testing DPRKP2 Mojokerto Regency is still unable to serve the public optimally and too dependent on the service bureau which has been very influential in the process of public services, especially in the administrative section. This descriptive qualitative research using case study method aims to analyze the contribution of service bureau in public services, especially the contribution of street level bureaucrats vehicles testing services of the Public Housing, Residential Areas, and Transportation Agency of Mojokerto Regency. Previous research about street level bureaucrats showed that policies discretion happen because the condition on the field doesn’t convenient with the policies and pressure from the government and demands from the public that pressing the street level bureaucrats, also causing the change of quality to fulfil the quantity of services. This research tends to develop political logic by revealing that the other parties outside the bureaucracy, in this case, are services bureau can be one of the causes of discretion in street level bureaucrats. Especially the collaboration that happened between street level bureaucrats and services bureau in meeting the needs of customers which were later found to be carried out illegally for fulfilling the quantity of services. This statement is supported by the working culture and the fulfillment of facilities that are stopped and undeveloped because the quantity of services can be fulfilled properly by services bureau’s help. Currently, the services executed by involving services bureaus lead the public and government are stereotyping about inability of each other, so it cause the loss of trust, communication, and participation in order to develop public services, so the implementation of it will be steady and passive in the execution and development of public policy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1103/052000638
Uncontrolled Keywords: Services Bureaus, Public Services, Discretion-Biro Jasa, Pelayanan Publik, Diskresi
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 09 Nov 2020 22:19
Last Modified: 09 Nov 2020 22:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178466
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item