Media Sosial Dan Branding Politik (Analisis Isi Branding Politik Di Platform Facebook Fans Page @Prabowosubianto Pada Masa Kampanye Pemilu Presiden 2019)

Prasada Yanuar Sitorus, Andika (2019) Media Sosial Dan Branding Politik (Analisis Isi Branding Politik Di Platform Facebook Fans Page @Prabowosubianto Pada Masa Kampanye Pemilu Presiden 2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Munculnya media sosial memberikan kemudahan bagi siapapun untuk saling terkoneksi tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial dalam perjalanannya tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, namun dapat dimanfaatkan sebagai media melakukan branding politik. Salah satunya dilakukan oleh Prabowo Subianto yang menampilkan konten kepada pengikutnya di akun Facebook fans page @Prabowosubianto yang berkaitan dengan kegiatan kampanye, keseharian dan kegiatan privatnya diluar dirinya sebagai tokoh publik selama masa kampanye pemilu presiden 2019. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui aspek branding politik yang dilakukan calon Presiden Prabowo Subianto melalui media sosial Facebook fans page pada masa kampanye Pemilu Presiden 2019. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Pendekatan yang digunakan adalah analisis konten langsung yang berawal dari teori aspek branding politik Lindblad (2019) sebagai dasar untuk menyusun unit analisis dan kategori. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengunitan, penyaringan dan perekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prabowo Subianto memiliki brand personality yang tegas, wibawa, anti kompromi, suka bekerja, nasionalis dan patriot. Sedangkan personalisasi Prabowo Subianto adalah memiliki rasa empati, simpati, berintelektual, dekat dengan perempuan dan anak. Karakteristik masyarakat yang heterogen dan luas membuat orang tidak memilih Prabowo Subianto karena aspek branding politiknya tidak sesuai. Branding politik yang disampaikan pada Facebook fans page nya mampu meningkatkan kepercayaan pada basis elektoralnya, tidak mampu memperluas segmen pemilih lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1144/052000679
Uncontrolled Keywords: Branding Politik, Facebook Fans page, Pemilu Presiden 2019
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns > 324.73 Use and effect of media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:35
Last Modified: 10 Aug 2020 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178450
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item