Implementasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Demak Terhadap Penanggulangan Dampak Lingkungan Rob Pesisir Pantai Di Kecamatan Sayung Dalam Perspektif Urban Resilience

Wildan Authon, Mohammad (2019) Implementasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Demak Terhadap Penanggulangan Dampak Lingkungan Rob Pesisir Pantai Di Kecamatan Sayung Dalam Perspektif Urban Resilience. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Kebijakan Daerah terhadap penanggulangan dampak lingkungan rob pesisir pantai dikecamatan Sayung dalam Perspektif Urban Resilience. Kecamatan Sayung sebagai obyek penelitian dikarenakan wilayah ini telah menghadapi permasalahan rob pesisir pantai dari tahun ke tahun, serta setiap tahunnya semakin mengancam masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Kebijakan yang diimplementasikan dalam menghadapi permasalahan ini menekankan pada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan ini. Penelitian ini mendapatkan hasil kebijakan yang di implmentasikan tidak relevan dengan teori implementasi menurut Merilee S Grindle dan pendekatan Ketahanan Wilayah ( Urban Resilience ), hasil yang didapatkan tidak adanya Koordinasi dalam implementasi kebijakan yang melibatkan antar aktor yang terjadi dalam proses pengambilan kebijakan dan strategi untuk ketahanan wilayah di wilayah tersebut. Produk kebijakan yang disusun tidak berjalan efektif untuk menghadapi solusi dari permasalahan lingkungan rob pesisir pantai di Kecamatan Sayung. Penelitian ini memperluas hasil temuan dalam penelitian sebelumnya, yang berkaitan dengan abrasi atau rob di wilayah tersebut. Dalam kebijakan melihat sudut pandang dari masyarakat yang sampai saat ini hidupnya terancam permasalahan ini. Sehingga perlu dalam penelitian ini untuk mengkritik dengan penelitian terhadap kebijakan pemerintah yang tidak relevan untuk dengan pendekatan ketahanan wilayah agar wilayah ini tetap ada untuk masyarakat yang memiliki aktivitas yang sama dengan wilayah lainnya.

English Abstract

This qualitative study aims to analyze the implementation of regional policies on tackling the environmental impacts of the coastal rob in Sayung sub-district in the Urban Resilience Perspective. Sayung Subdistrict as the object of research because this region has faced the problem of the coastal tidal coast from year to year, and every year it increasingly threatens the people who live in the area. The policies implemented in dealing with this problem emphasize the government to solve these environmental problems. This study found that policy results that were implemented were not relevant to the theory of implementation according to Merilee S Grindle and the Urban Resilience approach, the results obtained were that there was no coordination in the implementation of policies involving actors involved in the policy making process and strategies for regional resilience. in the region. The policy products prepared did not work effectively to deal with solutions to environmental problems in the coastal coast in Sayung District. This study broadens the findings in previous studies, which are related to abrasion or tidal in the region. In policy see the point of view of the people whose lives have been threatened by this problem. So it is necessary in this study to criticize the research on government policies that are not relevant to the regional resilience approach so that this region still exists for people who have the same activities as other regions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1146/052000681
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Kebijakan Lingkungan, Urban Resilience.-Policy Implementation, Environmental Policy, Urban Resilience.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.6 Policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:11
Last Modified: 18 Aug 2020 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178444
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item