Atika., Mayqodari (2019) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Anime Oushitsu Kyoushi Heine Karya Katsuya Kikuchi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi interpersonal adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan antara pengirim pesan dan penerima pesan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi interpersonal terdiri dari 9 komponen yaitu, komunikator, encoding, pesan, saluran, komunikan, decoding, respons, gangguan, dan konteks komunikasi. Motivasi belajar yaitu suatu usaha yang mendorong seseorang untuk belajar. Di dalam anime Oushitsu Kyoushi Heine, terdapat tokoh yang menggunakan komunikasi interpersonal untuk menyelesaikan permasalahan siswanya yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Fokus penelitian ini yaitu mencari tahu pengaruh dari komunikasi interpersonal terhadap peningkatan motivasi belajar siswa terhadap dua karakter siswa dalam anime Oushitsu Kyoushi Heine karya Katsuya Kikuchi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori komunikasi interpersonal oleh AW, Suranto untuk menilai terjadinya komunikasi interpersonal. Selain itu penulis juga menggunakan teori motivasi oleh Maslow untk mengetahui bagaimana perubahan motivasi belajar dapat terjadi terhadap dua karakter siswa dalam anime Oushitsu Kyoushi Heine. Dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 8 data yang menunjukkan terjadinya komunikasi interpersonal antara karakter guru dan siswanya. Selain itu terdapat 5 data yang menunjukkan perubahan dalam peningkatan motivasi belajar kedua karakter yang diteliti. Melalui komunikasi interpersonal, karakter guru dapat mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar. Guru kemudian berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan jalan keluar terhadap masalah yang siswa hadapi.
Other obstract
個人間通信とはコミュニケーターと受信者の間に、直接にや媒体を 利用し、伝言を送受すること。個人間通信には九つの要素がある。コミュ ニケーター、エンコーディング、伝言、媒体、受信者、ディコーディン グ、返事、ノイズ、通信の文脈。勉強の感興は勉強にやりがいを感じるあ る努力のこと。「王室教師ハイネ」におけは個人間通信を使用し、生徒の 勉強の環境の疑問を解決するキャラクターがいる。本研究の焦点は菊池勝 也作品映画「王室教師ハイネ」の二人のキャラクターにおける勉強の感興 に影響する個人間通信の効果である。 本研究では AW、スラントの個人間通信理論を使用され、個人間通 信が行いかを判断された。そしてマスローの感興理論を使用され、二人の キャラクターの勉強の感興の変化が観察された。 本研究では個人間通信に関するデータが八つ見つけられた。それに 二人のキャラクターの勉強の感興の増加に関するデータが五つ見つけられ た。個人間通信を通じて、教師が生徒の勉強の感興の低率の理由が理解で き、その疑問について解決策を申し出た。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/509/052000717 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Sastra, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:02 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 08:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |