Siburian, Ivana Merlina Evietsen (2019) Manajemen Kapasitas Untuk Meningkatkan Kinerja Persimpangan Bersinyal Di Ruas Jalan Yang Rawan Kecelakaan Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persimpangan Jalan Raya Darmo – Jalan Diponegoro, persimpangan Jalan Raya Darmo – Jalan Dr. Soetomo, dan persimpangan Jalan HR.Muhammad – Jalan Darmo Boulevard memiliki rata-rata tingkat pelayanan persimpangan (LOS) F pada tahun 2017 dan persimpangan berada pada ruas jalan yang rawan kecelakaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja persimpangan bersinyal, dan manajemen kapasitas yang paling efektif pada tiga persimpangan lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja persimpangan bersinyal dan analisis penanganan masalah dengan manajemen kapasitas (optimalisasi lampu lalu lintas dan larangan belok kanan). Hasil penelitian kinerja persimpangan bersinyal 1 (Jl. Raya Darmo-Jl. Diponegoro) memiliki nilai derajat kejenuhan kurang dari 0,8 dan tingkat pelayanan C-E. Kinerja persimpangan bersinyal 2 (Jl. Raya Darmo-Jl. Dr. Soetomo) memiliki nilai derajat kejenuhan rata-rata lebih dari 0,9 dan tingkat pelayanan rata-rata F. Kinerja persimpangan bersinyal 3 (Jl. HR. Muhammad-Jl. Darmo Boulevard) memiliki derajat kejenuhan rata-rata kurang dari 0,9 dan tingkat pelayanan E-F. Manajemen kapasitas yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja persimpangan bersinyal 2 yaitu alternatif 2 larangan belok kanan dan waktu siklus 76 detik. Manajemen kapasitas paling efektif untuk persimpangan bersinyal 3 yaitu alternatif 2, larangan belok kanan dengan waktu siklus 80 detik
English Abstract
The intersection of Darmo Road – Diponegoro Road, intersection of Darmo Road – Dr. Soetomo Road, and intersection of HR. Muhammad Road – Darmo Boulevard has average level of service (LOS) F in 2017 and the intersection on accident-prone roads. The purpose of this research is to analyze signalized-intersection performance and determine the most effective capacity management at three intersection of research locations. The methods used in this research are signalized-intersection performance and problem-solving with capacity management (traffic-light management and prohibition of turn right). The results of the 1-signalized-intersection (Darmo Road – Diponegoro Road) performance had a degree of saturation less than 0.8 and an C-E service levels. The performance of the 2- signalized-intersection (Darmo Road – Dr. Soetomo Road) has an average degree of saturation more than 0.9 and an average level of service F. Performance of a 3-signalizedintersection (HR. Muhammad Road – Darmo Boulevard) has an average degree of saturation less than 0.9 and E-F service levels. The most effective capacity management to increase the 2-signalized-intersection (Darmo Road – Dr. Soetomo Road) performance is alternative 2, combining prohibition of turn right and traffic-light management for 76 seconds cycle time. The most effective capacity management to increase the 3-signalizedintersection intersection (HR. Muhammad Road – Darmo Boulevard) performance is alternative 2, combining prohibition of turn right and traffic-light management for 80 seconds cycle time.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/1015/052000378 |
Uncontrolled Keywords: | Persimpangan, Kinerja Persimpangan Bersinyal, Manajemen Kapasitas, Kota Surabaya, Intersection, Signalized-Intersections Performance, Capacity Management, Surabaya City |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 02:17 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 14:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178401 |
Preview |
Text
IVANA MERLINA EVIETSEN SIBURIAN (2).pdf Download (24MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |