Manajemen Lalu Lintas Berdasarkan Evaluasi Kinerja Jalan Dan Persimpangan Di Jalan Ahmad Yani – Jalan Raden Intan Kecamatan Blimbing Kota Malang

Kiftiah, Nurbaiti (2019) Manajemen Lalu Lintas Berdasarkan Evaluasi Kinerja Jalan Dan Persimpangan Di Jalan Ahmad Yani – Jalan Raden Intan Kecamatan Blimbing Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raden Intan merupakan ruas-ruas jalan nasional yang menjadi pintu masuk dan keluar bagi pergerakan antara Kota Malang dan kota/kab lainnya dengan fungsi sebagai jalan arteri primer dan merupakan jalan keluar masuk utama satusatunya pada Kota Malang bagian utara, hal tersebut berimbas pada tinggi nya arus kendaraan yang tidak diimbangi dengan besarnya kapasitas jalan sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Permasalahan lalu lintas yang terjadi pada wilayah studi diakibatkan oleh arus lalu lintas yang tinggi akibat banyaknya jumlah pergerakan serta keragaman moda transportasi yang berpengaruh terhadap komposisi lalu lintas pada ruas-ruas jalan tersebut. Keragaman komposisi lalu lintas pada ruas-ruas jalan tersebut disebabkan oleh tarikan pergerakan dari Terminal Arjosari yang merupakan terminal terpadu dalam melayani angkutan dalam kota, dalam provinsi maupun antar provinsi. Selain itu, kinerja persimpangan yang belum optimal ditandai dengan terlihatnya tundaan yang tinggi serta panjangnya antrian kendaraan pada persimpangan yang diakibatkan oleh waktu siklus yang belum efektif ataupun lampu lalu lintas yang belum terkoordinasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja jalan dan kinerja persimpangan yang terdapat di Jalan Ahmad Yani – Jalan Raden Intan, serta merumuskan alternatif manajemen lalu lintas yang tepat untuk meningkatkan kinerja jalan dan persimpangan tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini adalah merumuskan manajemen lalu lintas yang tepat berdasarkan hasil kondisi eksisting tingkat pelayanan jalan, tingkat pelayanan persimpangan tak bersinyal dan tingkat pelayanan persimpangan bersinyal yang kemudian dievaluasi untuk dirumuskan alternatif penanganan masalah menggunakan perlakuan fisik Do-Something yang disesuaikan dengan kondisi eksisting lingkungan serta memperhatikan aspek teknis. Alternatif penyelesaian masalah terpilih adalah alternatif penyelesaian masalah yang meningkatkan kinerja jalan serta kinerja persimpangan paling signifikan.

English Abstract

Jalan Ahmad Yani and Jalan Raden Intan are sections of national roads that serve as entrances and exits for movements between Malang City and other cities / regencies with functions as primary arterial roads and are the only major entrances in the northern Malang City, this has an impact on the high flow of vehicles that are not balanced with the large capacity of the road, causing traffic congestion. Traffic problems that occur in the study area are caused by high traffic flow due to the large number of movements and the diversity of transportation modes that affect the composition of traffic on these roads. The diversity of traffic compositions on these roads is caused by the pull of movement from the Arjosari Terminal which is an integrated terminal serving transportation within the city, within the province and between provinces. In addition, the intersection performance that is not optimal is characterized by the visible high delay and the long queue of vehicles at the intersection caused by ineffective cycle times or uncoordinated traffic lights. The purpose of this study is to evaluate the performance of the road and the performance of the intersection contained in Jalan Ahmad Yani - Jalan Raden Intan, as well as formulate appropriate traffic management alternatives to improve the performance of the road and the intersection. The results of this study are to formulate appropriate traffic management based on the results of the existing condition of the level of road service, unsignalizedd intersection service levels and the level of signaled intersection services which are then evaluated to formulate alternative handling solutions using Do-Something physical treatment that is adjusted to the existing environmental conditions and pay attention to technical aspects. The alternative chosen is an alternative problem solving that increases road performance and intersection performance most significantly

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/908/052000292
Uncontrolled Keywords: Jalan, Persimpangan Tak Bersinyal, Persimpangan Bersinyal, Tingkat Pelayanan, Manajemen Lalu Lintas, Roads, Unsignalized Intersection, Signalized Intersection, Level of Services, Traffic Management.
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Sep 2020 06:16
Last Modified: 24 Oct 2021 13:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178385
[thumbnail of NURBAITI KIFTIAH (2).pdf]
Preview
Text
NURBAITI KIFTIAH (2).pdf

Download (30MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item