Hasiholan, Sony Mario (2019) Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi Dan Kereta Commuter Line Rute Bekasi-Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Bekasi sebagai kawasan penyangga ibu kota Jakarta mengakibatkan tingginya pergerakan masyarakat dari Kota Bekasi untuk melakukan aktivitas urban ke Ibukota Jakarta. Pola perjalanan komuter asal Kota Bekasi ke Jakarta pada penelitian Renauly (2014) menyebutkan bahwa rata-rata komuter asal Kota Bekasi menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Jakarta. Hal tersebut menambah volume kendaraan yang masuk ke Jakarta yang kemudian berdampak pada kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik faktor-faktor pemilihan moda transportasi pada rute Bekasi-Jakarta, menganalisis proporsi pembagian model pemilihan moda, dan menganalisis probabilitas perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke kereta commuter line pada pergerakan rute Bekasi-Jakarta. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis multinomial logit. Hasil dari analisis multinomial logit didapatkan 4 pemodelan pemilihan moda berdasarkan kendaraan yang digunakan oleh pelaku perjalanan rute Bekasi-Jakarta serta didapatkan karakteristik faktor pemilihan moda yang berpengaruh signifikan terhadap model pemilihan moda adalah pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, tujuan pergerakan, panjang perjalanan, waktu relatif perjalanan, biaya perjalanan, kenyamanan, keselamatan, keterjangkauan, kehandalan, kemudahan, biaya pajak, biaya parkir, biaya pembuatan SIM, integrasi moda, dan subsidi kereta. Hasil perhitungan tingkat probabilitas perpindahan moda adalah 96% pengguna kendaraan pribadi akan mau berpindah ke kereta commuter line dengan memaksimalkan nilai pelayanan kereta commuter line dan kebijakan transportasi.
English Abstract
Bekasi City as a buffer area of Jakarta Capital resulted in a high movement of people from the city of Bekasi to conduct urban activities to the capital Jakarta. The pattern of commuter travel from Bekasi City to Jakarta in research Renauly (2014) mentions that the average commuter origin of Bekasi City uses private vehicle to go to Jakarta. This research aimed to identify characteristics of the choice of transportation modes on the Bekasi-Jakarta route, which is then used to analyze the proportion of the mode choice, and to analyze the probability of mode transfer from private vehicles to the commuter line train on the BekasiJakarta route. Analythical methods used in this research were statistic descriptive analysis, and multinomial logit analysis. The results of multinomial logit analysis obtained 4 models of mode choice based on the vehicle used by the Bekasi-Jakarta travel actors and obtained characteristics of the mode choice factors that significantly affect the model of mode choice such as income, age, gender, education, occupation, travel destination, length of travel, travel relative time, travel expenses, comfort, safety, affordability, reliability, convenience, tax costs, parking fee, The cost of creating a SIM, integration mode, and train subsidy. The calculation of the probability of displacement of the mode is 96% of users of private vehicles will be moved to the commuter line train by maximizing the value of commuter line train service and transportation policy.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/1014/052000377 |
Uncontrolled Keywords: | Commuter Line, Pemilihan Moda, Analisis Multinomial logit, Commuter Line, Mode Choice, Multinomial Logit Analysis |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 02:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 14:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178333 |
Preview |
Text
SONY MARIO HASIHOLAN (2).pdf Download (12MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |