Analisa Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Jalan Di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Tahun 2018

Kurniawan, Premy Bima (2019) Analisa Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Jalan Di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Tahun 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki ribuan pulau dan terdiri dari banyak desa. Bahkan Indonesia merupakan wilayah yang di bangun dan bergantung dari desa. Desa Ngadas merupakan salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Malang dan berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang juga memiliki komoditas unggulan dalam hal pertanian dan perkebunan berupa kentang, terong Belanda dan cabe hijau/paprika. Hal ini terbukti pada RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) desa Ngadas yang dinyatakan bahwa topografi desa ini ada pada dataran tinggi dengan kondisi lahan yang subur menjadikan daerah ini sebagai penghasil sayur mayur yang berkualitas. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagaimana rumusan masalah yang telah disebutkan di atas adalah mengetahui tingkat partisipasi masyarakat pada pembangunan jalan di Desa Ngadas. Metode analisis menggunakan alat ukur scoring tingkat partisipasi masyarakat di Desa Ngadas dalam program pembangunan jalan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap pengambilan keputusan, tahap pelaksanaan program, tahap pemanfaatan program dan tahap evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pengambilan keputusan berada pada kategori sedang, tahap pelaksanaan program berada pada kategori tinggi, tahap pemanfaatan program berada pada kategori tinggi dan tahap evaluasi program termasuk pada kategori sedang serta hasil partisipasi keseluruhan berada pada kategori sedang.

English Abstract

Indonesia is a country that has thousands of islands and consists of many villages. Even Indonesia is an area that is built and dependent on the village. Ngadas Village is one of the villages in Malang Regency and is in the Bromo Tengger Semeru National Park area which also has superior commodities in terms of agriculture and plantations in the form of potatoes, Dutch eggplants and green chillies / paprika. This is proven in the Medium Term Development Plan (RPJM) of Ngadas village which stated that the topography of the village is in the highlands with fertile land conditions making this area as a producer of quality vegetables. The objective to be achieved in this research as the problem formulation mentioned above is to know the level of community participation in road construction in Ngadas Village. The analytical method uses a scoring tool to measure the level of community participation in Ngadas Village in the road construction program which consists of 4 stages, namely the decision making stage, the program implementation stage, the program utilization stage and the program evaluation stage. The results showed that the decision making stage was in the sufficient category, the stage of program implementation was in the high category, the stage of program utilization was in the high category and the program evaluation stage was included in the sufficient category and the overall participation results were in the moderate category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/911/052000295
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Jalan, Pengambilan Keputusan, Pelaksanaan, Pemanfaatan, Evaluasi, Community Participation, Road Construction, Planning, Implementation, Utilization, Evaluation
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Nov 2020 13:18
Last Modified: 24 Oct 2021 13:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178324
[thumbnail of PREMY BIMA KURNIAWAN (2).pdf]
Preview
Text
PREMY BIMA KURNIAWAN (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item