Pratama, Febby Candra (2018) Menciptakan Keunggulan Bersaing Dalam Manajemen Strategi Penggilingan Padi (Studi Kasus Pada Penggilingan Padi Djasa Bhakti, Turen, Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik manajemen strategi Penggilingan Padi (PP) Djasa Bhakti yang membuat perusahaan memiliki keunggulan bersaing dan mampu beroperasi selama 40 tahun. Pendekatan kualitatif studi kasus digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui praktik manajemen strategi yang diterapkan oleh PP Djasa Bhakti yang sekaligus sebagai upaya penciptaan keunggulan bersaing perusahaan. Teknik pengambilan data melalui semi-structure in-depth interviews digunakan untuk menggali informasi dari 9 (sembilan) informan penelitian. Informan kunci adalah pimpinan perusahaan saat ini dan 8 (delapan) informan lainnya adalah pihak pemangku kepentingan (stake holders) yang berhubungan dengan PP Djasa Bhakti. Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa PP Djasa Bhakti membedakan lingkungan perusahaan atas lingkungan eskternal dan lingkungan internal. Eksternal perusahaan terdiri dari konsumen, pemasok, pesaing, dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Pengamatan atas lingkungan eksternal memunculkan peluang dan khusus untuk pengamatan pada pesaing dan kebijakan pemerintah dilakukan melalui komunitas Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (PERPADI) Malang. Internal perusahaan terdiri dari kapasitas produksi, sumber daya manusia, dan pemasaran. Internal perusahaan terus ditingkatkan agar dapat memuaskan konsumen dan meraih peluang yang muncul. Dari pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal, perusahaan memutuskan untuk menggunakan strategi kepemimpinan biaya. Strategi yang digunakan membuat perusahaan mampu mencapai penjualan 50 ton per bulan dan memiliki keunggulan bersaing.
English Abstract
This study aims to explain the strategic management practices run by Djasa Bhakti rice mill, which enables the company to maintain its operation and competitive advantage for forty years. This qualitative research uses case study approach in order to identify the company’s strategic management practices as well as to formulate its competitive advantage. The data was collected through semi-structured in-depth interviews with nine informants: one director as the key informants and eight stakeholders. This study finds that Djasa Bhakti rice mill distinguished the company environment into external and internal. The external environment consists of customer, supplier, competitor, and government policy, to which observations are made to identify opportunities. The observations on competitor and government policy are conducted through a business union, PERPADI (Association for Indonesian Rice Mill Entrepreneurs) of Malang. The internal environment includes production capacity, human resource, and marketing, to whom improvements are continuously made to achieve customer satisfaction and to take any opportunities. The observations on both environments make the company choose cost leadership strategy, which has led the company to reach fifty ton of sales per month and to have competitive advantage.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/338.604 8/PRA/m/2018/041901959 |
Uncontrolled Keywords: | COMPETITION |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.604 Special topics of organization of production > 338.604 8 Competition and restraint |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178274 |
Text
Febby Candra Pratama.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |