Efektifitas Intervensi Prosedur Terhadap Penurunan Waktu Tunggu Pemulangan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Panti Nirmala Malang Melalui Pendekatan Lean Six Sigma

Sari, Dita Prawita (2018) Efektifitas Intervensi Prosedur Terhadap Penurunan Waktu Tunggu Pemulangan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Panti Nirmala Malang Melalui Pendekatan Lean Six Sigma. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendahuluan: Proses pengelolaan administrasi pasien pulang (discharge) di unit rawat inap merupakan gabungan kinerja beberapa unit rumah sakit yang menjadi rangkaian kompleks. Setiap unit membutuhkan proses sehingga waktu pemulangan pasien bervariasi. Proses pemulangan pasien ini dapat mempengaruhi persepsi pasien terhadap mutu pelayanan rumah sakit. Metode: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan strategi Lean Six Sigma (LSS) dalam mempercepat proses pemulangan pasien serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini melibatkan 286 berkas pasien serta 223 petugas. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik variabel. Independent t-test digunakan untuk menganalisis waktu tunggu pra dan pasca intervensi serta untuk menganalisis data tambahan waktu tunggu pasca intervensi yang sesuai dan melebihi standar yang ditetapkan. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi waktu tunggu pemulangan pasien pasca intervensi dianalisis dengan Anova dan Pearson Correlations serta regresi linier. Hasil dan analisis: Hasil analisis T-test 2 kelompok independent t=0.908 (α=0.05) yang berarti tidak terjadi perubahan yang signifikan antara waktu tunggu tunggu pra dan pasca intervensi. Hasil analisis faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu pemulangan pasien rawat inap, yaitu jenis pembiayaan (p=0.003, =0.05), waktu kepulangan pasien berdasarkan sif (jam saat perintah kepulangan pasien oleh dokter) (F=24.1, p=0.908), beban kerja perawat (p=0.000, =0.05), dan masa kerja petugas farmasi (p=0.000, =0.05) . Diskusi: Penelitian ini perlu dikembangkan lebih lanjut terutama intervensi yang digunakan untuk mempercepat waktu tunggu pemulangan pasien dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Perlu ditambahkan faktor lain yang berperan dalam proses pemulangan pasien serta dilakukan evaluasi berkesinambungan dari siklus lean six sigma yang diterapkan.

English Abstract

Introduction: The process of administering the patients discharge in the inpatient unit is a combination of the performance of several hospital units into complex sets. Each unit requires a process that makes the patient's discharge time varies. The discharge process can affect the patient's perception of the quality of hospital services. Method: The purpose of this study was to investigate the effect of the approach of Lean Six Sigma (LSS) strategy in accelerating the discharge process and the factors that influence it. This study involved 286 patient files and 223 officers. Descriptive analysis is used to describe variable characteristics. Independent t-test is used to analyze the pre- and post-intervention waiting times and to analyze additional data for appropriate post-intervention waiting times and exceeds the established standards. Factors suspected to affect postoperative patient recurrence waiting times were analyzed with Anova and Pearson Correlations as well as linear regression. Results and analysis: T-test results of 2 independent groups t = 0.908 (α = 0.05) which means no significant change between waiting time pre and post intervention. The result of factor analysis affecting the length of discharge time, ie type of financing (p = 0.003,  = 0.05), return time of patient based on work shift (hour when patient's discherge order by doctor) (F = 24.1, p = 0.908) (p = 0.000,  = 0.05). Discussion: This research needs to be developed further, especially the intervention used to decrease discharge time and the factors others which influence it. It is necessary to add other factors that play a role in the discharge process as well as continuous evaluation of the six sigma lean cycle applied.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.11/SAR/e/2018/041809711
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL CARE,HOSPITALS-AFTER CARE,HOSPITALS-ADMISSION AND DISCHARGE
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.11 Hospitals and related institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:00
Last Modified: 06 Jul 2022 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178257
[thumbnail of Dita Prawita Sari.pdf] Text
Dita Prawita Sari.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item