Pertanggung Jawaban Pejabat Pembuat Akta Tanah Yang Membuat Akta Jual Beli Dengan Dasar Penetapan Ijin Jual Anak Di Bawah Umur

Noerawan, Eriezky Dwi (2018) Pertanggung Jawaban Pejabat Pembuat Akta Tanah Yang Membuat Akta Jual Beli Dengan Dasar Penetapan Ijin Jual Anak Di Bawah Umur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis mengangkat permasalahan tentang Pertanggungjawaban dari pada Pejabat Pembuat Akta Tanah yang membuat Akta Jual Beli yang sertipikat hak atas tanah atau bukti kepemilikannya anak di bawah umur. Berdasarkan uraian pembahasan ini penulis merumuskan masalah : 1. Bagaimana bentuk Pertanggungjawaban hukum yang dilakukan Pejabat Pembuat Akta Tanah terhadap Pembeli, yang penjualnya adalah anak dibawah umur yang diwakilkan oleh Wali orang tua? 2. Bagaimana Akibat Hukumnya terhadap Akta Jual Beli yang di buat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah, dengan dasar Penetapan Ijin Jual di bawah Umur, yang ternyata Penetapan Ijin Jualnya bermasalah? dan dalam penulisan tesis ini penulis menggunakan Metode Penelitian Yuridis Normatif. Teori yang digunakan dalam penulisan ini Teori Kepastian Hukum, Teori Pertanggungjawaban, dan Teori Perlindungan Hukum. Hasil dari penelitian dengan judul “Pertanggung Jawaban Pejabat Pembuat Akta Tanah, Yang Membuat Akta Jual Beli Dengan Dasar Penetapan Ijin Jual Untuk Anak Dibawah Umur” dan menjelaskan sebuah kesimpulan dalam pembuatan Akta Jual Beli sebaiknya PPAT wajib cermat dan berhati-hati, karena setiap Akta Jual Beli yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah menjadi tanggung jawab dari PPAT tersebut, karena sudah menjadi tugasnya. PPAT wajib memastikan apakah orang tua tersebut di izin kan pengadilan untuk mewakili orang tua untuk mengagunkan atau menjual harta anak di bawah umur, sebab PPAT nantinya akan bertanggung jawab terhadap perbuatan nya apabila akta tersebut tidak dapat di daftarkan di Badan Pertanahan.

English Abstract

This research is aimed to study the issue over liability of A Land Deed Official who makes Sale deeds whose freehold titles bear the name of an underage child. The research problems regarding the issue are presented as follows: 1. What form of liability should Land Deed Officials do towards the buyers regarding the underage child as the seller and the parents as the representative of the child? 2. What legal consequence may arise over the sale deed made by the official according to the permit issued to sell for underage child in which the permit is also troublesome? Normative juridical research method was employed in this research with the theories of legal certainty, liability, and legal protection. The research results conclude that Land Deed Officials must accurately execute their tasks, for the officials are fully liable for all the deeds made. The officials must also make sure whether the parents have been permitted by a court to be the representatives of their children to set the legal document as a collateral or to sell the asset owned by the underage children because the officials are always responsible in case of any rejection over the registration of the deeds made.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/347.016/NOE/p/2018/041811197
Uncontrolled Keywords: NOTARIES,DEEDS
Subjects: 300 Social sciences > 347 Procedure and courts > 347.01 Courts > 347.016 Other officials
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Jan 2020 06:08
Last Modified: 06 Jul 2022 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178220
[thumbnail of Eriezky Dwi Noerawan.pdf] Text
Eriezky Dwi Noerawan.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item