Hutasoit, Luan Pranata (2019) Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Prototyping Pada Cv. Buana Jaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
CV. Buana Jaya merupakan sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang industri pengecoran logam. Dalam menjalankan proses produksinya, pabrik ini melakukan kegiatan pencatatan transaksi aliran keluar masuk bahan produksi yang sesuai dengan kebutuhan rencana produksi. Kegiatan pencatatan tersebut berupa pencatatan pembelian bahan produksi untuk rencana produksi satu minggu kedepan, pencatatan bahan produksi yang masuk, pencatatan penggunaan bahan produksi, dan pencatatan inventarisasi bahan. Namun, pencatatan secara konvensional yang terdapat pada CV. Buana Jaya saat ini memiliki permasalahan, yaitu pelaporan jumlah bahan produksi membutuhkan waktu yang lama, informasi yang diberikan kurang akurat, informasi yang diberikan kurang detail, serta permasalahan administrasi lainnya. Permasalahan tersebut disebabkan karena proses pencatatan secara konvensional ini membutuhkan banyak waktu dan memiliki potensi untuk mengalami kerusakan, kehilangan, kesalahan, ataupun penyalahgunaan terhadap setiap informasi yang terdapat didalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan, implementasi, dan pengujian terhadap sistem informasi yang dapat membantu proses pencatatan agar lebih efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan pencatatan yang ada saat ini. Proses perancangan pada penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis masalah sistem dengan menggunakan analisa PIECES. Selanjutnya, dilakukan analisis kebutuhan dengan menggunakan analisa SRC. Kemudian, dilakukan proses pemodelan proses dengan menggunakan DFD, pemodelan basis data dengan menggunakan ERD, dan pemodelan antar muka sistem informasi. Melalui proses tersebut, dilakukan implementasi terhadap sistem informasi dengan menggunakan microsoft access 2016 dan antarmuka dengan menggunakan visual basic applications for microsoft access 2016. Setelah dilakukan implementasi, dilakukan proses pengujian terhadap sistem informasi yang telah dihasilkan, yaitu uji verifikasi, uji validasi, dan uji prototype. Proses pengujian tersebut mengevaluasi sistem informasi yang dirancang dan diimplementasikan telah berjalan sesuai dengan kebutuhannya. Kebutuhan yang dipenuhi dalam sistem terdapat sebanyak 8 data dan 11 proses. Data masukan berupa data yang dibutuhkan dari pengguna, data keluaran merupakan hasil pengolahan informasi, dan proses merupakan langkah yang dilakukan untuk mengolah setiap data dengan baik. Perancangan dan implementasi menggunakan microsoft access terdiri dari 8 tabel, 11 query, 11 form proses, 2 form akses, dan 10 report. Sistem informasi yang dirancang terdiri dari tiga menu utama, yaitu pendataan master data, pengolahan bahan produksi, dan pelaporan bahan produksi. Pengujian dilakukan dengan uji verifikasi dengan cara membandingkan rancangan sistem dan hasil implementasi yang ada pada microsoft access, uji validasi dengan cara menguji apakah sistem telah sesuai dengan kebutuhan sistem, dan uji prototype dengan membandingkan PIECES sistem lama dengan PIECES sistem baru. Hasil dari seluruh pengujian memperoleh bahwa sistem telah sesuai dengan rancangan, kebutuhan, dan juga menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini.
English Abstract
CV. Buana Jaya is a factory engaged in the iron casting industry. In the production process, this factory carries out transaction process activities to determine the flow of production materials contained in each process involving production materials. The transaction process activity is in the form of transaction process the purchase of production materials for the production plan for the next week, transaction process the incoming production materials, transaction process the use of production materials, and transaction process the inventory of materials. However, the conventional transaction process contained in the CV. Buana Jaya currently has a problem, in the form of reporting the amount of production materials requires a long time, the information provided is less accurate, the information provided is less detailed, and other administrative issues. These problems are caused by the conventional transaction process process which requires a lot of time and has the potential to suffer damage, loss, error, or misuse of any information contained in there. Therefore, this research aims to design, implement, and test the information system that can help the transaction process process to be more effective and efficient in solving existing transaction process problems. The design process in this research began the step of analyzing system problems using PIECES analysis. Next, analyzing system requirements using SRC analysis. Then, design the process using DFD, database design using ERD, and information system interface design. Through this process, the information system is implemented using Microsoft Access 2016 and the interface uses the Visual Basic Application for Microsoft Access 2016. After the implementation, the next step is testing the information system with verification tests, validation tests, and prototype tests. The testing process will take result that the information system designed and implemented has run according to the system requirements. System requirements that must be contained in the system are 8 data and 11 processes.. Input data are data needed from users, output data are the result of information processing, and processes are steps taken to process each data properly. The design and implementation using Microsoft Access which is divided into 8 tables, 11 queries, 11 process forms, 2 access forms, and 10 reports. The information system designed is divided into three main menus, which are master data collection, processing of production materials, and reporting of production materials. The test run is a verification test by comparing the system design and implementation results that exist in Microsoft Access, validation test by testing whether the system has answered the system requirements, and prototype testing by comparing the old system PIECES with the new system PIECES. The results of all tests found that the system was in accordance with the design, system requirements, and also resolved existing problems.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/956/052000351 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, DFD, ERD, SRC, Sistem Proses Transaksi, Information Systems, DFD, ERD, SRC, Transaction Processing System |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads > 625.702 85 Computer applications |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:01 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 14:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178153 |
Preview |
Text
LUAN PRANATA HUTASOIT (2).pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |