Penyelesaian Sengketa Tanah Ulayat Pada Proyek Pembangunan Jalan Di Papua Barat (Studi Kasus di Kabupaten Sorong Papua Barat)

Wijaya, Abdilbarr Isnaini (2018) Penyelesaian Sengketa Tanah Ulayat Pada Proyek Pembangunan Jalan Di Papua Barat (Studi Kasus di Kabupaten Sorong Papua Barat). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagimanakah penyelesaian sengketa tanah ulayat pada proyek pembangunan jalan di Kabupaten Sorong Papua Barat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan memahami praktek pelaksanaan penyelesaian sengketa dan juga faktor penyebab terjadinya sengketa tanah ulayat pada proyek pembangunan jalan di Kabupaten Sorong Papua Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu jenis penelitian sosiologis atau yang disebut dengan penelitian lapangan, yang mana penelitian ini mengkaji terkait ketentuan hukum yang sedang berlaku dan juga terjadi pada lingkungan masyarakat tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kekurangan dalam penerapan peraturan perundang-undangan pelaksanaan pembangunan jalan yang berlaku terhadap kebiasaan dan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sorong Papua Barat. Kekurangan tersebut terkait tidak dapat berjalannya peraturan-peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang masih mengutamakan hukum Adat setempat untuk melaksanakan pengadaan dan penyelesaian sengketa tanah ulayat pada proyek pembangunan jalan di Kabupaten Sorong Papua Barat.

English Abstract

In addition to finding out how ulayat land dispute settlement is settled regarding road development taking place in the Regency of Sorong, West Papua, this research is aimed to investigate and analyse the practices taken to settle the dispute of ulayat land and contributing factors over road development in the regency. This is a sociological research where Empirical juridical methods were employed, and the data required was obtained by conducting field study. The research was focused on legal provision that applies and exists in society. The research result reveals that laws and regulations regarding the execution of road development in the Regency of Sorong in West Papua have not been appropriately implemented since they conflict with customary law the local people hold on to in terms of procurement required in the road project in Sorong, the Regency of Sorong, West Papua.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.043/WIJ/p/2018/041901670
Uncontrolled Keywords: LAND PROPERTY LAW
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.043 Real property
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:22
Last Modified: 20 Jan 2020 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178132
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item