Modifikasi Metode Grid Sebagai Marker Pada Pengembangan Aplikasi Marker-Based Augmented Reality Untuk Efisiensi Waktu Proses Pembuatan Motif Batik Tulis

Kusuma, Wahyu Teja (2019) Modifikasi Metode Grid Sebagai Marker Pada Pengembangan Aplikasi Marker-Based Augmented Reality Untuk Efisiensi Waktu Proses Pembuatan Motif Batik Tulis. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari 3 area penelitian, yaitu metode Grid, Marker-Based Augmented Reality, dan metode pembuatan Batik Tulis. Penelitian ini melakukan modifikasi metode Grid menjadi marker yang disebut vertex marker. Berdasarkan pengujian fungsional vertex marker berhasil digunakan untuk mereproduksi objek digital agar dapat diinteraksikan dengan tangan pengguna. Sehingga kelemahan dari Marker-Based Augmented Reality tentang keterbasan ukuran objek digital dalam jangkauan tangan dapat teratasi. Selanjutnya, vertex marker diimplementasikan pada pengembangan aplikasi Batik Tulis Marker-Based Augmented Reality untuk menyelesaikan masalah pada proses pembuatan motif Batik Tulis. Aplikasi Batik Tulis Marker-Based Augmented Reality dimanfaatkan untuk menggantikan tahap pembuatan sketsa motif Batik dan tahap menyalin sketsa motif Batik ke kain, karena kedua tahap tersebut menjadi masalah utama pada area penelitian metode pembuatan Batik Tulis sebelumnya. Berdasarkan pengujian waktu proses pembuatan motif Batik Tulis, aplikasi Batik Tulis Marker- Based Augmented Reality berhasil memberikan efisiensi waktu proses pembuatan motif Batik Tulis sebesar 80,24%. Efisiensi tersebut berhasil dilakukan karena dengan menggunakan aplikasi Batik Tulis Marker-Based Augmented Reality, pembatik dapat langsung menggambar motif Batik Tulis di kain, tidak perlu menyalin motif Batik ke kain yang menjadi kesulitan utama pada metode pembuatan Batik tradisional pada penelitian sebelumnya.

English Abstract

This research consists of 3 research areas, namely the Grid method, Marker- Based Augmented Reality, and the method of making written batik. This research modifies the Grid method into a marker called a vertex marker. Based on functional testing vertex markers were successfully used to reproduce digital objects so that they could be interacted with the user's hands. So that the weaknesses of Marker-Based Augmented Reality about the limitations of the size of digital objects in the reach of the hand can be overcome. Furthermore, vertex markers are implemented in the development of Marker-Based Augmented Reality applications to solve problems in the process of making motifs. The application of Marker-Based Augmented Reality Written Batik is used to replace the stage of sketching the motif of Batik and the stage of copying the sketch of the Batik motif to the fabric, because these two stages are the main problems in the research area of the previous method of making Batik. Based on the testing time of the process of making written motifs, the Marker-Based Augmented Reality application succeeded in providing a time efficiency of the process of making written motifs of 80.24%. The efficiency was successfully carried out because by using the Marker-Based Augmented Reality Batik application, batik can directly draw Batik Motifs on fabric, there is no need to copy Batik motifs into cloth which is the main difficulty in the traditional Batik making method in previous studies

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/006.8/KUS/m/2019/042000437
Uncontrolled Keywords: AUGMENTED REALITY, COMPUTATIONAL GRIDS (COMPUTER SYSTEMS)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:55
Last Modified: 25 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178114
[thumbnail of Wahyu Teja Kusuma (2).pdf]
Preview
Text
Wahyu Teja Kusuma (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item