Pengenalan Kebudayaan Jepang oleh Nihongo Partners dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IBB SMA Negeri 1 Purwosari

Tristian, Tutus (2019) Pengenalan Kebudayaan Jepang oleh Nihongo Partners dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IBB SMA Negeri 1 Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Nihongo Partners merupakan salah satu program pemerintah Jepang untuk mengenalkan kebudayaan Jepang melalui bahasa. Program ini mengirimkan orang asli Jepang untuk menjadi mitra bagi guru bahasa Jepang dan mengenalkan kebudayaan Jepang di sekolah menengah di negara ASEAN, salah satunya di SMA Negeri 1 Purwosari. Pada tahun ajaran 2018/2019 untuk pertama kalinya ditempatkan Nihongo Partners di SMA Negeri 1 Purwosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu kegiatan pengenalan kebudayaan Jepang yang dilakukan oleh Nihongo Partners, serta dampaknya terhadap motivasi belajar bahasa Jepang siswa kelas XII IBB di SMA Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial eksploratori. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dengan Ogura Fuya selaku Nihongo Partners untuk mengetahui kegiatan pengenalan kebudayaan Jepang dan kuesioner untuk mengetahui dampaknya terhadap motivasi belajar bahasa Jepang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa kelas XII IBB. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan Nihongo Partners tidak hanya mengajarkan bahasa Jepang saja, akan tetapi Nihongo Partners juga mengenalkan berbagai macam kebudayaan Jepang seperti permainan tradisional Jepang, kesenian Jepang, pakaian tradisional Jepang, makanan Jepang, serta menceritakan bagaimana kehidupan di Jepang. Dengan adanya pengenalan kebudayaan Jepang ini, memiliki dampak terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket, motivasi siswa setelah adanya pengenalan kebudayaan Jepang oleh Nihongo Partners sebesar 73,25% dengan kriteria “kuat”. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar bahasa Jepang dan nilai bahasa Jepang mereka mengalami peningkatan.

Other obstract

日本語パートナーズのプログラムは言語を通じて日本文化を紹介する日本政府のプログラムの1つである。日本語教師のパートナーズになるため日本語ネイティブを送り、ASEAN諸国の中等学校で日本文化を紹介する。そのうちの1つはSMA Negeri 1 Purwosariである。SMA Negeri 1 Purwosariには、2018/2019年度に初めて日本語パートナーズが配置された。研究の目的は、日本語パートナーズが実施している日本文化を紹介する活動内容と、日本語パートナーズの活動が日本語学習の動機付けとなったか、その影響を見つかるためである。 この研究は、2つの方法に研究を行った。1つは、日本語パートナーズの文化紹介を紹介する活動内容について、日本語パートナーズにより調査を実施した。もう1つは、日本語パートナーズの活動が生徒の学習意欲に対する影響を把握するためアンケートを実施した。なお、サンプルとして3年生のIBBのクラスの31名で調査した。 研究の結果は次のとおり。日本語パートナーズは、日本語を教えるだけでなく、色んな日本文化を紹介していた。例えば日本の昔の遊び、日本の食べ物、日本の衣服、書道、折り紙など多岐にわたっていた。また、日本語学習動機付けとなったかというアンケートについては、73.25%の強い影響を与えたと言う結果であった。その結果、生徒は日本語を学ぶことに熱心になるとともに、日本語学習の点数アップに繋がった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/434/052000206
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Motivasi, Nihongo Partners
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:01
Last Modified: 05 Aug 2020 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178085
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item