Noor, Fahrizal Zamrasuly (2019) Pendekatan Strukturalis: Genette-Barthes Dalam Membaca Makna Monumen Melati Bagi Generasi Milenial Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Monumen memiliki keterkaitan dengan sejarah suatu peristiwa dibahk terbentuknya suatu kota . Dibeberapa kota, sang perancang monumen memang bem1aksud untuk menyimpan kenangan serta sp11•ir juang dari peristiwa peijuangan yang ter:jadi sesuai letak terjadinya peristiwa tersebut. Hal serupa pun terjacli pada monwnen Melati di kota Malang. Salah satu peristiwa di kota Malang yang diceritakan oleh monumen tersebut tentang peijuan gan perebutan Malang dari kekuasaan penjajah. Secara singkat, monumen Melati mencer itakan tentang sekolah kadet yang tnenjadi asal muasal TNI. Penceritaan dari monumen Melati semakin tertutup tanpa adanya suatu informasi yang tertulis secara rinci di sekitar kawasan monumen. Serta dengan bentuknya yang monumental , masyarakat sering menggunakan monumen hanya sekedar tetenger. Dalam era sekarang yang didominasi oleh generasi milenial, apakah generasi tersebut memaknai monumen Melati dengan makna yang telah sesuai dengan yang dimaksud oleh perancang tanpa adanya informasi penunjang. Penelitian irri menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif untuk menggali pernyataan-pemyataan responden sebagai tanda bahwa mereka telah membaca monumen dan diana1isis menggunakan teori dari Genette dan Bartbes. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan pemaknaan monumen Melati dari sudut pandang generasi mil nial dan keterkaitan antar dua teori yang digunakan
English Abstract
The monument have relatiOn with the historic events which constructed the c1ty. In some case <?f the city, the designer purposed to stormg memories and the spirit of some historic events that happened in the locatwn point the events occur. The similar case came on the Melati 's Monument m Ma/ang City. Melati 's Monument tell about one of the event occur about pow er struggle from colonialism. In brief, Melali's Monument tells about "Sekolah Kadel " which become the origins of TN!. The informatiOn about Melati 's Monument gettmg closes because none of the information in that area. The monumental of Melati 's lvfonument makes society inscript the monument as a landmark. Jn the present era of millenia/'s generation, whether they handling Melatr 's Afonument w1th a meaning acording to purpose of the designer. This research using qua!itative descriptif approaches to looking how their mterpretaing the Jvfonument from thezr statement. Their statement will be anal_v=ed with Genette and Barthes theory. The result of research could showing how millenia/'s generation interpretating from their perspective andfind the relatwn between Genette and Barthes theory
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/957/052000352 |
Uncontrolled Keywords: | monumen, makna, genette, barthes, monumen, makna, genette, barthes |
Subjects: | 700 The Arts > 720 Architecture > 720.9 History, geographic treatment, biography |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 03:09 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 14:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178067 |
Preview |
Text
FAHRIZAL ZAMRASULY NOOR (2).pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |