Makna dan Fungsi Idiom (Kanyouku) yang Menggunakan Bagian Tubuh Tangan (TE) dalam Artikel Daring Bahasa Jepang

Zellina, Naomi (2019) Makna dan Fungsi Idiom (Kanyouku) yang Menggunakan Bagian Tubuh Tangan (TE) dalam Artikel Daring Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Memahami secara utuh makna dari suatu tuturan sangatlah penting dalam kegiatan berkomunikasi. Idiom merupakan istilah untuk kata-kata singkat yang umumnya mewakili satu makna keseluruhan, dan lazim digunakan untuk memperkaya ekspresi dalam percakapan sehari-hari, teks tertulis, dan sebagainya. Namun, tuturan tersebut akan terkesan janggal bila pemahaman mengenai makna dan fungsi idiom kurang, yang dapat mengakibatkan kesalahan pemahaman. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui makna pada idiom yang menggunakan anggota tubuh tangan dalam bahasa Jepang, serta menganalisis fungsi dari penggunaan idiom tersebut. Penelitian ini berada dalam ruang lingkup semantik, secara khusus teori makna yang dijelaskan oleh Abdul Chaer. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data dari kamus idiom bahasa Jepang artikel-artikel bahasa Jepang pada media daring. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa umumnya makna idiomatikal dari kanyouku te berbeda jauh dengan makna leksikalnya. Hal tersebut berkaitan dengan hasil yang menunjukkan sebagian besar kanyouku te tergolong dalam idiom penuh, dan hanya sedikit yang tergolong dalam idiom sebagian. Ditemukan juga bahwa satu kanyouku te dapat memiliki beberapa fungsi sekaligus, yang dapat dicermati dari makna konotatifnya.

Other obstract

会話の意味を完全に理解することは本当に重要である。慣用句というのは、二つ以上の語が結びついて、ぜんたいでひとつの固定した意味を表すもので、日常の会話や文章の表現を豊かに生き生きとした物にするために使用されることである。しかし、慣用句の意味と機能の理解が不足していると、誤解を招く可能性があるため、会話は奇妙に思える場合もある。 研究の目的のは、日本語の慣用句「手」の意味を見つけ、そしてその慣用句の意味と機能をみつけることである。本研究、意味論的研究法を用いた。研究方法は定性的記述的研究法である、使われたデータは日本の慣用句辞書やオンライン記事からである。 この研究の結果は一般的に、慣用句「手」の慣用句的意味がその語彙的意味と大きく異なることを示している。これは、慣用句のほとんどが完全イディオムとして分類されていることを示す結果に関連している。また、1つの慣用句「手」が一度に複数の機能を持つことができることがわかった。これは、その含意的意味から観察できる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/423/052000195
Uncontrolled Keywords: Semantik, Makna Leksikal, Makna Idiomatikal, Makna Konotatif, Kanyouku.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:00
Last Modified: 05 Aug 2020 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178004
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item