Tinjauan Yuridis Organ Perseroan Dalam Perseroan Terbatas Terhadap Penerapan Kebijakan Benturan Kepentingan

Rijaal, Syamsul (2018) Tinjauan Yuridis Organ Perseroan Dalam Perseroan Terbatas Terhadap Penerapan Kebijakan Benturan Kepentingan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis mengangkat permasalah tentang Benturan Kepentingan yang di lakukan Posisi Dominan atau Organ Perseroan pada Perseroan Terbatas. Potensi adanya Benturan Kepentingan antara Posisi dominan dalam suatu Perseroan Terbatas sangat memungkinkan terjadi hal ini disebabkan adanya kepentingan pribadi terkait kewenangan di dalam perusahaan menjadi peluang untuk mendapatkan provit pribadi. Dalam penulisan ini penulis merumusukan masalah : 1. Apa bentuk tindakan posisi dominan yang termasuk kategori benturan kepentingan dengan perseroan ? 2. Apa Akibat hukum bagi kedudukan Direksi jika terdapat transaksi yang mengandung unsur Benturan Kepentingan? Kemudian dalam Penulisan Tesis ini menggunakan Metode Penelitian Yuridis Normatif. Teori yang di gunakan dalam penulisan ini adalah Teori Badan Hukum. Teori Pertanggungjawaban, dan Teori Perjanjian. Hasil dari penelitian dengan judul Tinjauan Yuridis Posisi Dominan Dalam Perseroan Terbatas Terhadap Penerapan Kebijakan Benturan Kepentingan menghasilkan sebuah kesimpulan di butuhkannya suatu pedoman Benturan kepentingan di dalam suatu Perseroan Terbatas untuk melindungi kepentingan suatu perusahaan dan memberikan perlakuan yang sama di antara pemegang saham , Dewan Komisaris dan Dewan Direksi atas adanya tindakan Posisi Dominan atau organ perseroan yang di dasarkan pada kewenangan dan tidak transparannya proses pengambilalihan keputusan.

English Abstract

It is quite possible for conflict of interests to occur between dominant positions and a Limited Liability Company due to the emergence of personal interests of individuals to gain profits. Research problems are presented as follows: 1. What form of conduct is done by a dominant position that is categorised into a conflict of interests with the company? 2. What is the legal consequence faced by board of directors when a transaction categorised into conflict of interests occurs? This research employed normative juridical method, while the theory used involved legal entities, accountability, and agreement. The research result reveals that the guidance of conflict of interests in a company is required to protect the interests of a company. Shareholders, board of commissaries, and directors should all be equally treated regarding the conduct done by dominant positions or by the organs of Limited Liability Companies which is based on the authority and transparency in decision-making process.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.066 8/RIJ/t/2018/041807693
Uncontrolled Keywords: LIMITED COMPANIES LAW
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.06 Organizations (Associations) > 346.066 Corporations (Companies) > 346.066 8 Kinds of corporations (Kinds of companies)
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:59
Last Modified: 16 Jan 2020 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177984
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item