Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang

Nihayah, Ayik Ulifatun (2019) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Salah satu metode pembelajran ialah metode pembelajaran Mind Mapping. Metode pembelajaran Mind Mapping ini ialah metode pemetaan pikiran dengan menggunakan catatan kreatif seperti gambar dan pemetaan konsep pelajaran yang diajarkan. Media dan metode pembelajaran memang berpengaruh terhadap menarik minat belajar para siswa. Media yang kreatif dan ringkas dapat mempermudah para siswa untuk belajar dan memahami materi yang diajarkan. Metode Mind Mapping berperan penting untuk menarik minat karena metode tersebut dapat mencakup beberapa aspek menarik minat seperti perasaan senang, aktif mencari bahan, tekun, kemauan mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pelajaran yang diajarkan salah satunya pelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket yang diisi oleh 36 Siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat menarik minat belajar bahasa jepang para siswa dikelas namun tidak dengan penerapan diluar kelas atau sehari hari.

Other obstract

教育界では学習法は非常に重要である。学 習法の一つはマインドマップ勉強法という学習法 である。マインドマップ勉強法とは絵等のような 創作ノートや教訓の概念地図を使ってマインドマ ッピング方法である。 学習メディアや学習方法は、学習への興味 に大きな影響を与える。学習方法であるマインド マップ勉強法は創作的で簡潔な学習メディアを使 うため学生が簡単に学習し受け取ったレッスンを 理解することができる。それに加え、マインドマ ップ勉強法は忍耐や幸せな感じ、積極的に新たな 知識を増加し、日本語に関連する大学の学業をや ること等の興味・関心を育てられるが側面が含ま れている。 本研究は、マラン第5高等学校社会科学専 攻十一年生に対してアンケートを行うことで定量 分析という方法を用いて、行った。使用するサン プルは36 人の学生であった。研究の結果として は、マインドマップ勉強法を使用するのは、学習 がクラスで適用する場合は日本語に対する興味・ 関心を育てられるが、クラス以外又は日常生活で 使用される場合は効果的ではないことを表す。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/473/052000245
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:00
Last Modified: 07 Nov 2022 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177955
[thumbnail of Ayik Ulifatun Nihayah.pdf] Text
Ayik Ulifatun Nihayah.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item