Anxieties and Defense Mechanisms Portrayed by Dev Shah in Master of None Season 2.

Pratama, Bagas Asfriansyah (2019) Anxieties and Defense Mechanisms Portrayed by Dev Shah in Master of None Season 2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Interaksi antar sesama tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Hasil dari adanya sebuah interaksi sangat beragam, salah satunya adalah konflik. Secara alami, sebuah konflik akan memberikan pengaruh psikologis yang kuat kepada manusia, sampai pada akhirnya akan menimbulkan kecemasan (anxiety) di titik tertentu. Pemeran utama di musim kedua serial TV berjudul Master of None, Dev Shah, yang sikap dan lakunya sering terpengaruh karena kecemasannya sendiri dapat dibilang merupakan salah satu contoh yang sesuai untuk menggambarkan bagaimana kecemasan bisa terjadi. Studi ini berkesempatan untuk membongkar berbagai tipe kecemasan yang dirasakan oleh Dev Shah dan bagaimana ia mengurangi beban dan tensi yang timbul dengan menggunakan mekanisme pertahanan diri (defense mechanism). Teori psikoanalisis akan digunakan untuk menyingkap tingkah laku Dev Shah. Untuk mengumpulkan data, episode pilihan dari musim kedua Master of None akan ditonton beberapa kali, yang akan menghasilkan temuan-temuan dalam bentuk transkrip dialog dan gambar tangkapan layar yang diambil dari adegan-adegan penting, dan terakhir akan diinterpretasi menggunakan teori psikoanalisis. Studi ini menjelaskan bahwa kecemasan Dev Shah yang sering timbul itu dikarenakan ia memiliki hubungan dengan wanita yang sudah bertunangan bernama Francesca. Efek dari situasi tersebut dimulai dari kecemasan neurotic (neurotic anxiety), yang perlahan-lahan akan membesar ke tipe kecemasan moral (moral anxiety) yang lebih kompleks. Kecemasan itu mau tidak mau akan membuat Dev Shah melakukan beberapa tipe dari mekanisme pertahanan diri seperti represi (repression), pemindahan (displacement), dan proyeksi (projection) untuk melindungi dirinya dari beban dan tensi yang timbul dari berbagai kecemasan tersebut.

English Abstract

Interactions are very much needed by social beings. Interactions may lead to various results, including conflicts. Naturally-occurring conflicts will give an impact to a person’s behavior and eventually cause an unpleasant state of mental uneasiness called anxiety. On the second season of Master of None TV series, the lead character Dev Shah whose behavior is often influenced by unwanted experiences is one of the suitable portrayals of a worried person resulted by anxiety. This study attempts to expose Dev Shah’s anxieties and how he uses defense mechanisms to cope them. The theory of psychoanalysis in which anxiety and defense mechanism are included was applied to scrutinize Dev Shah’s behavior, particularly when he feels uneasy. To gather the data, multiple viewings of the chosen episodes of Master of None Season 2 were conducted, resulting the findings in the form of dialogue transcripts and screenshots taken off significant scenes, and finally interpreted by using the psychoanalysis approach. This study discovers that Dev Shah often feels anxious because he is romantically involved and interested with an engaged woman named Francesca. The effect of that situation starts with neurotic anxiety, then growing into a more complex moral anxiety. Those anxieties will unavoidably lead him to use specific type of defense mechanisms such as repression, displacement, and projection, in order to weaken his anxious feelings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/492/052000264
Uncontrolled Keywords: psikoanalisis, kecemasan, mekanisme pertahanan diri-psychoanalysis, anxiety, defense mechanism
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 823 English fiction
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Oct 2020 12:01
Last Modified: 26 Oct 2020 12:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177914
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item