Pengaruh Aktivitas Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Konsumen (Sebuah Studi Eksperimen)

-, Nurfadliyah (2019) Pengaruh Aktivitas Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Konsumen (Sebuah Studi Eksperimen). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) terhadap loyalitas konsumen. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen terhadap enam puluh dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Variabel CSR diukur dalam dua level yaitu aktivitas CSR yang tinggi (hight level activity) dan aktivitas CSR yang rendah (low level activity). Berdasarkan hasil uji regresi Hasil penelitian menunjukkan CSR dengan tingkat hight level activity berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedangkan CSR pada low level activity tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa sikap loyalitas konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana aktivitas CSR dijalankan oleh perusahaan, namun juga berasal dari faktor-faktor lainnya. Kemudian hasil uji beda, menunjukkan adanya perbedaan rerata dari kedua level CSR, CSR dengan hight level activity memiliki nilai loyalitas konsumen yang lebih tinggi dibanding dengan low level activity. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik dan banyak program CSR yang dilakukan oleh manajemen perusahaan maka loyalitas konsumen juga akan semakin meningkat, maka manajemen diharapkan mampu meningkatkan program CSR perusahaan demi mempertahankan hubungan jangka panjang dengan konsumen guna menciptkan loyalitas konsumen yang tinggi sebagai bentuk keunggulan kompetitif di pasar.

English Abstract

The objective of this study is to identify the effect of corporate social responsibility (CSR) on consumer loyalty. The data was collected through experiments conducted on sixty-two students of Faculty of Economics and Business of Universitas Brawijaya. The CSR was measured in two levels: highand low-level activities. The result of the regression test indicates that high-level activity influences consumer loyalty and that low-level activity does not influence consumer loyalty. This implies that consumer loyalty is affected not only by company’s CSR activities but also by other factors. The result of the t-test shows that the means of both CSR levels are different, in which the consumer loyalty from high-level activity is higher than that of low-level activity. Therefore, it can be concluded that the better and the more CSR programs held by the company’s management, the higher the consumer loyalty becomes. Hence, the management should improve their company’s CSR program in order to maintain their long-term relationship with the consumers, which eventually creates higher consumer loyalty as a form of market competitive advantage.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/174.4/NUR/p/2019/041907667
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, CONSUMER LOYALTY
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 174 Occupational ethics > 174.4 Business ethics
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:04
Last Modified: 14 Jan 2020 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177903
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item