Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Terkait Dengan Besar Dana Minimum Yang Harus Dikeluarkan Oleh Perseroan Terbatas Dalam Perspektif Kepastian Hukum Dan Keadilan

-, Poliana (2018) Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Terkait Dengan Besar Dana Minimum Yang Harus Dikeluarkan Oleh Perseroan Terbatas Dalam Perspektif Kepastian Hukum Dan Keadilan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian terhadap kekaburan norma dalam Pasal 74 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas ( UUPT ) yang mengatur bahwa Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ( TJSL ) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran. Frasa kepatutan dan kewajaran memberikan makna abstrak dan subjektif. Hal ini akhirnya menimbulkan ketidakpastian, sehingga masing-masing perseroan menafsirkan sendiri ukuran kepatutan dan kewajaran dana TJSL tersebut. Kekaburan norma yang terjadi mengakibatkan pelaksanaan TJSL tidak berjalan dengan optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa makna kepatutan dan kewajaran dalam menentukan besarnya dana TJSL dalam UUPT dan bagaimana konstruksi serta bentuk norma tentang besar dana TJSL yang berasas pada kepastian hukum dan keadilan bagi perusahaan dan stakeholder. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk menganalisis dan merumuskan makna kepatutan dan kewajaran dalam menentukan besarnya dana tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam UUPT serta mengetahui dan menganalisis konstruksi norma tentang besaran dana TJSL beserta bentuknya yang berasas pada kepastian hukum dan keadilan bagi perusahaan dan stakeholder. Dalam menjawab permasalahan digunakan teori kepastian hukum dan teori keadilan sebagai pisau analisisnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tesis ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Adapun jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier atau non hukum yang penelusurannya dilakukan dengan studi kepustakaan dan pengumpulan bahan hukum dilakukan secara kualitatif dengan analisis secara perskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) kepatutan dan kewajaran menentukan dana TJSL dalam UUPT dimaknai sebagai iktikad baik dari peseroan yang terproyeksi dalam laporan tahunan dan laporan keuangan perseroan; 2) penormaan mengenai besaran dana TJSL dikonstruksikan sebagai berikut : a) Perseroan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 1.000.000.000 wajib melaksanakan TJSL, b) dana TJSL dianggarkan dan diperhitungkan dari laba bersih perseroan dengan ketentuan 4% bagi perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang sumber daya alam, 2% bagi perseroan yang kegiatan usahanya yang berkaitan dengan sumber daya alam, 1% bagi perusahaan yang bukan bergerak di bidang sumber daya alam dan berkaitan dengan sumber daya alam; c)Perseroan yang tidak melaksanakan TJSL dikenai sanksi pidana; d)ketentuan lebih lanjut mengenai TJSL diatur dengan Peraturan Pemerintah.

English Abstract

This thesis is a study of norm vagueness in Article 74 Paragraph 2 of Law Number 40 Year 2007 regarding Limited Liability Company (UUPT) which constitutes an obligation of the Company which shall be budgeted for and calculated as a cost of the Company performance of which shall be with due attention to decency and fairness. The phrase of decency and fairness gives abstract and subjective meaning. This ultimately leads to uncertainty, so that each company interprets its own measure of decency and fairness of CSR spending. The vagueness of norms lead CSR implementation not optimal. Refer to the background , formulation in this research were : 1) what was the meaning of decency and fairness in determining the CSR spending in UUPT; 2) how was norms construction formulation for CSR spending based on legal certainty and justice for companies and stakeholders. The aims of this research is to analyze and formulate : 1) the meaning of decency and fairness in determining the CSR spending in UUPT and 2) the norms construction of CSR spending based on legal certainty and justice for companies and stakeholders. Law theory of legal certainty and justice were to be used in analyzed research formulation. The research method is normative juridical by using statue approach and conceptual approach. The types and sources of legal materials used are primary legal materials, secondary legal materials and tertiary or non-legal material that search by library research and data collection by qualitative methods that using prescriptive analysis. Based on the research design description, the research result were as follows : 1) the decency and fairness in determining CSR spending in UUPT meant as good faith from the company that projected in the annual report and the company's financial report;2) the norms construction of CSR spending formulated as follows: a) Company with a net worth more than Rp. 1,000,000,000 are required to carry out CSR; b) CSR spending are budgeted and calculated from the company's net income with 4% requirement for a company carrying on business activities in natural resources, 2% for a company whose business activities are related to resources nature, 1% for companies that are not engaged in natural resources and related to natural resources; c) Companies who do not put their CSR obligation into practice shall be liable to penal sanctions; d) further provisions regarding CSR shall be stipulated by Government Regulation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.066 8/POL/t/2018/041809916
Uncontrolled Keywords: LIMITED KOMPANIES LAW
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.06 Organizations (Associations) > 346.066 Corporations (Companies) > 346.066 8 Kinds of corporations (Kinds of companies)
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:11
Last Modified: 21 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177884
[thumbnail of Poliana (2).pdf]
Preview
Text
Poliana (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item