Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Peurusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Nurofiqoh, Agilia Zahroh (2019) Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Peurusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perusahaan-perusahaan perbankan pada tahun 2014-2016 yang menerbitkan laporan tahunan dan keuangan secara lengkap pada Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas yang diukur dengan ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan PBV dan CSR mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian pada pengaruh ROA terhadap PBV dengan CSR memperkuat pengaruh ROA terhadap PBV menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan, setiap peningkatan ROA akan menyebabkan peningkatan pada PBV, CSR sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat pengaruh ROA terhadap PBV tetapi dapat berperan sebagai moderator. Hasil penelitian pada pengaruh ROE terhadap PBV dengan CSR memperkuat pengaruh ROE terhadap PBV menunjukkan adanya pengaruh ROE terhadap PBV secara signifikan dimana peningkatan nilai ROE akan menyebabkan peningkatan pada PBV, CSR sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat pengaruh ROE terhadap PBV tetapi dapat berperan sebagai variabel moderator.

English Abstract

This research focuses on banking companies in 2014-2016 that publish annual and financial reports in full on the Indonesia Stock Exchange. The purpose of this study was to determine the effect of profitability measured by ROA and ROE on firm value as measured by PBV and CSR able to strengthen the effect of profitability on firm value. The results of the study on the effect of ROA on PBV with CSR strengthen the effect of ROA on PBV showed a significant influence between profitability on firm value, any increase in ROA will cause an increase in PBV, CSR as a moderating variable is not able to strengthen the effect of ROA on PBV but can act as a moderator . The results of the study on the effect of ROE on PBV with CSR strengthen the effect of ROE on PBV shows the ROE effect on PBV significantly where an increase in ROE value will cause an increase in PBV, CSR as a moderating variable is not able to strengthen the effect of ROE on PBV but can act as a moderator variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/822/052000429
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Nilai Perusahaan, CSR, Regresi MRA-Profitability, Firm Value, CSR, MRA Regression
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Nov 2020 14:21
Last Modified: 21 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177845
[thumbnail of Agilia Zahroh Nurofiqoh.pdf]
Preview
Text
Agilia Zahroh Nurofiqoh.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item