Stagnasi Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pembangunan Desa (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa Sumber Sejahtera Desa Pujonkidul Kabupaten Malang)

Pratama, Soni Rio (2019) Stagnasi Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pembangunan Desa (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa Sumber Sejahtera Desa Pujonkidul Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang merupakan kabupaten yang sedang melakukan pembangunan di desa. Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang berdiri di banyak desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Malang, program-program pembangunan di desa dilakukan sesuai dengan program dari pemerintah untuk membangun Indonesia dari pedesaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berlokasi di Kabupaten Malang dengan situs Badan Usaha Milik Desa Sumber Sejahtera Desa Pujonkidul Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dari hasil wawancara dan sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif Miles, Huberman, dan Saldana dengan proses data collection, data condensation, data display dan data conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Badan Usaha Milik Desa Sumber Sejahtera telah berjalan dengan cukup baik. Namun masih ada beberapa peran yang belum dijalankan secara maksimal dan mengalami stagnasi diantaranya masih belum maksimalnya pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan potensi yang ada untuk mengembangkan Desa Pujonkidul, lalu kerjasama dengan desa lain yang berada disekitaran Desa Pujonkidul dalam pembangunan dan pemberdayaan masih belum maksimal dilakukan.

English Abstract

Malang District is a disrtrict is doing development in the village. Through the Village-owned Enterprise which are estabilished in many villages spread throughout Malang District, development programs in the villages are carried out in accordance with the government's program to develop Indonesia from the countryside. This research uses qualitative research with descriptive research type that located in Malang District, and the site is in the Sumber Sejahtera Village-owned Bussines, Pujonkidul Village, Malang District. This research uses primary data sources from an interviews and secondary data that obtained from related document of the research. Data analysis in this research used descriptive data analysis of Miles, Huberman, and Saldana with process of data collection, data condensation, display data and conclusion data. The results of this study indicate that the role of Sumber Sejahtera Village-owned Business has run quite well. However, there are still some roles that have not been carried out optimally and stagnated, including the use of technology to develop the existing potential to develop Pujonkidul Village, then cooperation with other villages around Pujonkidul Village in development and empowerment has not been maximally carried out.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/819/052000426
Uncontrolled Keywords: Peran Badan Usaha Milik Desa, Pembangunan-Role of Village-owned Enterprise, Development
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.15 Intermediate units of local administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:08
Last Modified: 21 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177840
[thumbnail of Soni Rio Pratama.pdf]
Preview
Text
Soni Rio Pratama.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item