Analisis Implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 Tentang Tata Cara Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)

Nuraisyah, Dwi Yulita (2019) Analisis Implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 Tentang Tata Cara Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 dikeluarkan oleh pemerintah untuk mempermudah Wajib Pajak. KPP Pratama Malang Utara merupakan salah satu kantor pajak yang melakukan implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 di KPP Pratama Malang Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Model implementasi yang digunakan adalah model implementasi George Edward III. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 di KPP Pratama Malang Utara berdasarkan model implementasi George Edward III masih belum terpenuhi secara keseluruhan. Hal tersebut karena faktor komunikasi masih menjadi faktor penghambat yang menyebabkan ketidaktahuan Wajib Pajak adanya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 dan kesalahan dalam memilih kolom ketika mengajukan permohonan Pengembalian Pendahuluan. Sedangkan faktor sumber daya, sikap pelaksana atau disposisi, dan struktur birokrasi merupakan faktor pendukung dalam implementasi. Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat berdasarkan pengembangan model implementasi George Edward III. Untuk faktor pendukung yaitu terdapat landasan hukum yang jelas, mengikuti aturan, dan peraturan yang memberikan kemudahan. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu Wajib Pajak tidak kooperatif, Wajib Pajak menyampaikan SPT mendekati batas akhir, bukti potong belum tersaji di Approweb, Wajib Pajak kurang care, dan Wajib Pajak menyampaikan data yang salah dalam SPT. Saran yang dapat diberikan yaitu KPP Pratama Malang Utara sebaiknya melakukan sosialisasi kepada Wajib Pajak, Account Representative penanggung jawab wajib memberitahukan Wajib Pajak adanya peraturan baru, perbaikan secara terus menerus mengenai Approweb, Wajib Pajak harus kooperatif, Wajib Pajak perlu meningkatkan kesadaran, dan Wajib Pajak perlu menyampaikan informasi yang benar dalam SPT.

English Abstract

Regulation of the Minister of Finance Number 39/PMK.03/2018 issued by the government to facilitate taxpayers. North Malang Primary Tax Office is one of the tax offices that implement regulations Minister of Finance Number 39/PMK.03/2018. So this research aims to find out how the implementation of the Minister of Finance Regulation Number 39/PMK.03/2018 at North Malang Primary Tax Office. This research uses qualitative research methods. The implementation model used is a model George Edward III implementation. The analytical method used is analysis the Miles and Huberman model data. The results of this study indicate that the implementation of Ministerial Regulations Finance Number 39/PMK.03/2018 in North Malang Primary Tax Office George Edward III's implementation model has not yet been completely met whole. That is because the communication factor is still a factor an obstacle that causes Taxpayers to not know the existence of the Regulation Minister of Finance Number 39/PMK.03/2018 and errors in selecting columns when applying for a Return. While the factors resources, attitude of the executor or disposition, and bureaucratic structure are supporting factors in implementation. In addition there are supporting factors and inhibitors based on the development of the George Edward III implementation model. For supporting factors, there is a clear legal basis, follow rules, and regulations that provide convenience. As for factors inhibitors, namely uncooperative taxpayers, taxpayers submit tax returns near the deadline, the piece of evidence has not been presented in Approweb, Taxpayer lack of care, and taxpayers submit incorrect data in the tax return. Suggestion that can be given is North Malang Primary Tax Office should do socialization to Taxpayers, Account Representatives responsible for mandatory notify Taxpayers of new regulations, continuous improvement continuously regarding Approweb, taxpayers must be cooperative, taxpayers need raise awareness, and taxpayers need to convey information correct in SPT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/757/052000112
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:11
Last Modified: 21 Oct 2021 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177666
[thumbnail of Dwi Yulita Nuraisyah.pdf]
Preview
Text
Dwi Yulita Nuraisyah.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item