Faktor Lingkungan Usaha Dan Strategi Bersaing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha (Studi Pada UMKM di Kota Malang)

Stevanus, Victor Novan (2014) Faktor Lingkungan Usaha Dan Strategi Bersaing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha (Studi Pada UMKM di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kecil dan menengah telah tumbuh dan berkembang dengan cepat dari waktu ke waktu. Perkembangan Industri kecil dan menengah yang semain pesar berdampak pada kompetisi yang semakin meningkat. Kompetisi yang semakin ketat menyebabkan pemilik usaha kecil harus lebih memperhatikan lingkungan usahanya dan bagaimana strategi bersaing yang efektif untuk mendapatkan keunggulan bersaing dan kinerja usaha yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menjelaskan (1). Pengaruh Lingkungan Usaha dan Strategi Bersaing terhadap Keunggulan Bersaing, (2). Pengaruh Lingkungan Usaha, Strategi Bersaing dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Usaha. Lokasi Penelitian adalah di Ko ta Malang dengan Obyek Penelitian di UMKM di Kota Malang. Populasi penelitian adalah Pemilik Industri atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM di Kota Malang. Keseluruhan Populasi adalah 480 UMKM dan sampel yang di gunakan dalam Penelitian ini berdasarkan atas rumus slovin, diperoleh 218 UMKM. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Path dan Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Lingkungan Usaha terhadap Kinerja Usaha di UMKM di Kota Malang. Bahwa semakin baik Lingkungan Usaha akan mampu meningkatkan Kinerja Usaha. Lingkungan Usaha juga berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, demikian juga Keunggulan Bersaing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Berarti Keunggulan Bersaing menjadi mediasi sebagian ingkungan Usaha terhadap Kinerja Usaha. Hasil selanjutnya adalah Strategi Bersaing terbukti berpengaruh signifikan terhadao Keunggulan Bersaing, namun berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Usaha. Artinya Strategi Bersaing yang baik harus memberikan Keunggulan Bersaing terlebih dahulu, dan selanjutnya akan meningkatkan Kinerja Usaha.

English Abstract

Small and medium industries have been growing and developing rapidly over time. The development of small and medium scale industries which are increasingly having an impact on increasing competition. Increasing competition causes small business owners to pay more attention to the business environment and how effective competitive strategies to gain competitive advantage and maximum business performance. The purpose of this study is to test and explain (1). Effect of Business Environment and Competitive Strategy on Competitive Advantage, (2). Effect of Business Environment, Competitive Strategies and Competitive Advantages on Business Performance. The research location is Malang City with Research Objects at UMKM in Malang City. The study population is the owner of an SME or Small and Medium Enterprises in the City of Malang. The overall population is 480 MSMEs and the sample used in this study is based on the Slovin formula, obtained 218 MSMEs. The analytical tool used is Path Analysis and Factor Analysis. The results showed that there was a significant influence of the Business Environment on Business Performance at MSMEs in Malang City. That the better the Business Environment will be able to improve Business Performance. The Business Environment also has a significant effect on Competitive Advantage, as well as Competitive Advantage has a significant effect on Business Performance. Means Competitive Advantage becomes the mediation of a portion of the Business environment on Business Performance. The next result is that Competitive Strategy is proven to have a significant effect on Competitive Advantage, but has no significant effect on Business Performance. This means that a good Competitive Strategy must provide a Competitive Advantage first, and subsequently will improve Business Performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.401/STE/f/2014/041906256
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:54
Last Modified: 07 Jan 2020 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177625
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item