Sistem Akuntansi Pembelian dalam Mendukung Pengendalian Intern (Studi Kasus pada Pembelian Perbekalan Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Puri Bunda Kota Malang)

Arveian, Han (2019) Sistem Akuntansi Pembelian dalam Mendukung Pengendalian Intern (Studi Kasus pada Pembelian Perbekalan Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Puri Bunda Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis memiliki berbagai macam dan jenis, salah satunya bisnis yang bergerak di bidang jasa yaitu rumah sakit. Rumah sakit selain bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan juga memiliki bisnis di bidang dagang yaitu instalasi farmasi. Proses pengelolaan instalasi diperlukan sebuah sistem. Sistem akuntansi yang ada dalam perusahaan sangat erat kaitannya dengan pengendalian intern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi pembelian perbekalan farmasi dan untuk mengetahui apakah penerapan sistem perbekalan farmasi RSIA Puri Bunda Kota Malang telah didukung pengendalian intern yang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian mencakup sistem akuntansi pembelian terdiri dari fungsi-fungsi yang terkait dengan sistem akuntansi pembelian, dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian, catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian, jaringan prosedur yang membentuk sitem akuntansi pembelian, serta dalam fokus penelitian yang mencakup unsur-unsur pengendalian intern terdiri dari struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, sistem wewenang dan prosedur pencatat, praktik yang sehat, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Analisis data pada metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Tahap analisis data pada penelitian ini adalah menganalisis sistem akuntansi pembelian perbekalan farmasi dan menganalisis unsur-unsur pengendalian. Hasil dari penelitian ini adalah prosedur yang membentuk sistem pembelian pada Instalasi Farmasi RSIA Puri Bunda Kota Malang masih memiliki kelemahan, yaitu prosedur yang membentuk sistem pembelian secara keseluruhan hanya dikerjakan tiga fungsi yaitu fungsi administrasi. Pemisahkan fungsi dan tanggung jawab masing-masing prosedur merupakan saran dari peneliti dengan tujuan memudahkan tugas dari masing-masing direksi dan memperkuat pengendalian intern.

English Abstract

Businesses have various types and types, one of which is a business engaged in services, namely hospitals. In addition to being engaged in the field of health services, the hospital also has a business in the field of trade, namely pharmaceutical installations. The process of managing an installation requires a system. The accounting system in the company is very closely related to internal control. This study aims to determine the application of the accounting system for purchasing pharmaceutical supplies and to find out whether the application of the RSIA Puri Bunda pharmaceutical supplies system in Malang City has been supported by adequate internal control. This research is a descriptive study with a case study approach. The focus of research includes the purchasing accounting system consisting of functions related to the purchasing accounting system, documents used in the purchasing accounting system, accounting records used in the purchasing accounting system, network of procedures that make up the purchasing accounting system, and in the research focus which includes elements internal control elements consist of an organizational structure that strictly separates functional responsibilities, a system of authority and recording procedures, sound practices, employees whose quality is in accordance with their responsibilities. Data analysis on the method used in this research is descriptive analysis method. The data analysis stage in this research is to analyze the accounting system of pharmaceutical supply purchases and analyze the control elements. The results of this study are the procedures that make up the purchasing system in the Pharmacy Installation of RSIA Puri Bunda Malang City still have weaknesses, namely the procedures that make up the overall purchasing system are carried out only three functions, namely administrative functions. Separation of functions and responsibilities of each procedure is a suggestion from researchers with the aim of facilitating the duties of each director and strengthening internal control.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/795/052000280
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi, Sistem Akuntansi Pembelian, Pengendalian Intern, Perbekalan Farmasi, Rumah Sakit, Instalasi Farmasi-Accounting System, Purchasing Accounting System, Control Intern, Pharmacy Supplies, Hospitals, Pharmacy Installations
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.151 Financial control > 658.151 1 Managerial accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Oct 2020 08:03
Last Modified: 21 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177603
[thumbnail of Han Arveian.pdf]
Preview
Text
Han Arveian.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item