Perkembangan Kajian Komunikasi Pemasaran Di Kota Malang (Meta Analisis Pada Skripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pemasaran di Kota Malang Tahun 2014 - 2018)

Rahmawati, Rezki (2019) Perkembangan Kajian Komunikasi Pemasaran Di Kota Malang (Meta Analisis Pada Skripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pemasaran di Kota Malang Tahun 2014 - 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis terhadap perkembangan kajian komunikasi pemasaran di Kota Malang pada tahun 2014-2018. Penelitian ini bertujuan memetakan perkembangan kajian sehingga dapat menjadi referensi untuk mengembangkan kajian komunikasi pemasaran dimasa yang akan datang. Melalui pendekatan filsafat komunikasi, sebanyak 229 skripsi dari tiga universitas dianalisis untuk melihat perkembangan kajian komunikasi pemasaran dengan membandingkan paradigma penelitian, metode penelitian, serta teori yang digunakan. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dan metode kualitatif untuk mendeskripsikan makna dibalik skripsi bidang komunikasi pemasaran yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan paradigma positivistik, dan metode kualitatif tercatat paling banyak digunakan dalam skripsi dengan tema komunikasi pemasaran, kendati demikian masih banyak skripsi yang tidak mencantumkan paradigm yang digunakan dalam penelitian pada bab III. Terdapat beberapa hal menarik yang ditemukan dalam penelitian ini yakni penggunaan teori komunikasi yang masih sedikit, terdapat “spirit” positivis dalam pengerjaan skripsi dengan paradigma interpretatif, serta adanya universitas yang belum memahami benar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sehingga dalam proses pengajaran belum berusaha memenuhi jenjang kualifikasi yang ditetapkan oleh KKNI. Hal ini dibuktikan dengan penguasaan konsep teoritis yang kurang mendalam yang tercermin dalam pengerjaan skripsi mahasiswa.

English Abstract

This research is a meta-analysis of the development of marketing communication studies in Malang in 2014-2018. This study aims to map the development of the study so that it can be a reference for developing future marketing communication studies. Through a philosophy of communication approach, 229 undergraduate theses from three universities were analyzed to see the development of marketing communication studies by comparing research paradigms, research methods, and theories used. This study uses the interpretive paradigm and qualitative methods to describe the meaning behind the existing undergraduate thesis in the field of marketing communication. The results of the research show the positivistic paradigm, and the qualitative method is recorded most widely used in undergraduate thesis with the theme of marketing communication, although there are still many undergraduate theses that do not mention the paradigm used in the research on chapter III. There are some interesting things found in this research, namely few application of communication theory on the undergraduate theses, there is a “spirit” of positivist in the work of the undergraduate thesis with an interpretive paradigm, and there are universities that do not fully understand the Indonesian National Qualifications Framework (KKNI), so that in the teaching process they have not tried to meet the qualifications set by the KKNI. This is evidenced by the mastery of less profound theoretical concepts reflected in the work of undergraduate thesis.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: TES/658.802/RAH/p/2019/041906619
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN MAKETING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:57
Last Modified: 24 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177545
[thumbnail of Rezki Rahmawati (2).pdf] Text
Rezki Rahmawati (2).pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item