Pengaruh Penambahan Egg Stimulant Pada Pakan Komersial Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Keberhasilan Pemijahan Dan Survival Rate Ikan Wader Pari (Rasbora Argyrotaenia)

Novaliando, Bobi (2019) Pengaruh Penambahan Egg Stimulant Pada Pakan Komersial Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Keberhasilan Pemijahan Dan Survival Rate Ikan Wader Pari (Rasbora Argyrotaenia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan wader pari (Rasbora argyrotaenia) memiliki peluang potensi yang sangat besar dalam budidaya. Ikan wader pari sejauh ini masih berasal dari alam. Permasalahan dalam budidaya ikan wader pari adalah ketersedian induk berkualitas. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas telur pada induk ikan wader pari adalah dengan menambahkan bahan perangsang pematangan gonad berupa Egg Stimulant. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta dosis optimal Egg Stimulant terhadap keberhasilan pemijahan dan survival rate larva ikan wader pari (Rasbora argyrotaenia). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Reproduksi Ikan Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan April 2019. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen yang memerlukan kontrol yang ketat pada saat penelitian. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan analisis keragaman (ANOVA). Penelitian ini dilakukan dengan tahap pra penelitian yang meliputi pengadaptasian ikan selama 4 minggu, kemudian pemijahan ikan untuk mengosongkan gonad setelah itu dilakukan pembuatan pelet yang di campur dengan Egg Stimulant. Pemeliharaan ikan dilakukan selama 28 hari dengan perlakuan dosis Egg Stimulant yang berbeda yaitu dengan menggunakan dosis 1 Egg Stimulant gr/ kg ikan 2 Egg Stimulant gr/ kg ikan dan 3 Egg Stimulant gr/ kg ikan beserta dengan kontrol (0 Egg Stimulant gr/kg ikan). Pengukuran parameter meliputi fekunditas, fertilization rate, hatching rate, volume kuning telur dan survival rate selama 28 hari. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan nilai fekunditas dan hatching rate terbaik pada perlakuan A dengan dosis Egg Stimulant 1 gr/kg ikan dengan nilai fekunditas 1230,67 ± 30,5 butir dan hatching rate 93,66 ± 3,1%.Sedangkan nilai survival rate dan volume kuning telur terbaik pada perlakuan C dengan dosis Egg Stimulant 3 gr/kg ikan dengan nilai volume kuning telur sebesar 203,1 ± 19,3 mm3 dan survival rate 94,65 ± 2,8% tetapi Egg Stimulant tidak memberikan pengaruh terhadap fertilization rate telur ikan wader pari.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/766/051908834
Uncontrolled Keywords: Ikan Wader Pari, Rasbora argyrotaenia, Pemijahan, Egg Stimulant
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 82 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinidae (Carp family))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Nov 2020 13:37
Last Modified: 20 Oct 2021 23:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177491
[thumbnail of BOBI NOVALIANDO (2).pdf]
Preview
Text
BOBI NOVALIANDO (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item