Analisis Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Pada Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah)

Astika, Febryanti Nur Putri (2019) Analisis Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Pada Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Pengembangan pariwisata di Indonesia dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta memiliki peran strategis yang mendorong peningkatan penerimaan devisa negara sehingga dapat dijadikan sebagai penghasil devisa negara terbesar. Salah satu daerah yang sedang melakukan pengembangan pariwisata adalah Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kecamatan Lasem memfokuskan wisata kuliner dan wisata belanja untuk dijadikan destination branding dengan menentukan segmentasi wisatawan yang akan dibidik sehingga dapat berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kecamatan Lasem. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui, menguraikan, dan menganalisis pengembangan wisata kuliner dan belanja di Kecamatan Lasem (2) untuk mengetahui, menguraikan, dan menganalisis strategi segmentasi wisatawan di Kecamatan Lasem (3) untuk mengetahui, menguraikan, dan menganalisis strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan wisata kuliner dan belanja dalam pembentukan new brand Kecamatan Lasem. Strategi yang dilakukan dalam pembentukan new brand Kecamatan Lasem adalah sebagai berikut (1) pemetaan produk kuliner dan belanja, (2) membuat sentra kuliner dan belanja, (3) memberi identitas sentra, (4) memasarkan brand melalui media, (5) dievaluasi dan ditinjau kembali pembentukan brand tersebut. Berdasarkan uraian, peneliti memberikan beberapa rekomendasi untuk pembentukan new brand Kecamatan Lasem dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Masyarakat membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dapat membantu dalam pembentukan brand Kecamatan Lasem, Pemerintah memberikan sosialisasi atau pelatihan pada masyarakat, membuat konsep unik dan khas berkaitan dengan kuliner dan belanja, serta bekerja sama mempromosikan destinasi wisata kepada wisatawan.

English Abstract

Tourism is one sector that is currently developing in Indonesia. Tourism development in Indonesia is carried out to support economic growth and has a strategic role that drives the increase in foreign exchange earnings so that it can be used as the country's largest foreign exchange earner. One area that is developing tourism is Lasem District, Rembang Regency, Central Java. Lasem District focuses on culinary tourism and shopping tourism as a destination branding by determining the segmentation of tourists to be targeted so that it can have an impact on increasing the number of tourist visits to Lasem District. The purpose of this study is (1) to find out, describe, and analyze the development of culinary tourism and shopping in Lasem District (2) to find out, describe, and analyze tourist segmentation strategies in Lasem District (3) to find out, describe, and analyze strategies which can be done to optimize culinary tourism and shopping in the formation of the Lasem District new brand . The strategies undertaken in forming the new brand of Lasem Subdistrict are as follows (1) mapping culinary and shopping products, (2) creating culinary and shopping centers, (3) providing identity centers, (4) marketing brands through media, (5) evaluating and reviewed the formation of the brand . Based on the description, the researchers gave several recommendations for the formation of the Lasem District new brand in increasing tourist visits. The community formed a Tourism Awareness Group (Pokdarwis) that can assist in forming the Lasem District brand, the Government provides socialization or training to the community, makes unique and distinctive concepts related to culinary and shopping, and works together to promote tourist destinations to tourists.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/737/051911287
Uncontrolled Keywords: Wisata Minat Khusus, Kuliner, Belanja, Destination Branding, Kecamatan Lasem-Special Interest Tourism, Culinary, Shopping, Destination Branding, Lasem District .
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:09
Last Modified: 21 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177473
[thumbnail of Febryanti Nur Putri Astika.pdf]
Preview
Text
Febryanti Nur Putri Astika.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item