Analisis Harga Pokok Produksi Untuk Menghitung Harga Jual (Studi Kasus Pada Umkm XYZ)

Wibowo, Ilham Riva (2019) Analisis Harga Pokok Produksi Untuk Menghitung Harga Jual (Studi Kasus Pada Umkm XYZ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada UMKM XYZ Malang. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu. Pertama, untuk mengetahui perhitungan Harga Jual yang mengacu pada perhitungan Harga Pokok Produksi Perusahaan yang dilakukan oleh UMKM XYZ. Kedua, untuk mengetahui perhitungan Harga Jual yang mengacu pada perhitungan Harga Pokok Produksi menggunakan metode Full Costing. Dan Ketiga, untuk mengetahui besarnya perbedaan Harga Jual pada perusahaan dengan menggunakan perhitungan Perusahaan dan metode Full Costing. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif. Metode deskriptif menggambarkan atau menganalisis hasil dari suatu penelitian akan tetapi tidak digunakan untuk membuat suatu kesimpulan yang lebih luas. Sedangkan pendekatan komparatif merupakan penelitian yang membandingkan keadaan suatu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau dua waktu yang berbeda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara dengan pemilik UMKM XYZ, dokumentasi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan proses produksi, dan observasi dengan melihat secara langsung kondisi perusahaan saat menjalankan aktivitas operasionalnya. Terdapat perbedaan dari hasil perhitungan harga jual dengan menggunakan perhitungan perusahaan dan metode Full Costing. Perbedaan Produk A sebesar Rp 39.324, Produk B sebesar Rp 136.278, dan Produk C sebesar Rp 96.404.

English Abstract

This descriptive qualitative research was conducted on company XYZ, an MSME in Malang. The objevtives of this study are to determine the selling price by referring to the cost of goods manufactured using the company’s method, to identify the selling price by referring to cost of goods manufactured calculated using full costing method, and to identify the differences between both selling prices. This descriptive qualitative research uses comparative approach. While descriptive method describes or analyzes results but is not used to generate broader conclusions, comparative approach compares the state of one or more variables in two or more different samples, or at two different times. The data of this study was collected from interviews with the company’s owners, documentation of production processes, and direct observation on the company’s activities. The selling price differences between the company’s method and full costing method were identified as follows: 39,324 IDR for product A, 136,278 IDR for product B, and 96,404 IDR fot product C

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/617/051911311
Uncontrolled Keywords: Full Costing, Harga Jual, UMKM-Full Costing, Selling Prices, MSME
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.5 General production economics > 338.52 Prices
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2020 14:12
Last Modified: 19 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177453
[thumbnail of Ilham Riva Wibowo.pdf]
Preview
Text
Ilham Riva Wibowo.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item