Kedudukan Saudara Seibu Dalam Mewaris Dan Menghijab Menurut Hukum Waris Islam.

Anjani, Nazhiva (2018) Kedudukan Saudara Seibu Dalam Mewaris Dan Menghijab Menurut Hukum Waris Islam. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tesis ini, penulis mengangkat permasalahan tentang kedudukan saudara seibu dalam mewaris dan menghijab menurut hukum waris Islam. Hal tersebut dilatar belakangi karena para ulama ahlussunnah waljamaah sesuai dengan prinsip-prinsip kepatrilinealan, Saudara seibu, baik laki-laki maupun perempuan, hanya mewaris sebagai ahli waris dzul faraid. Baik saudara kandung maupun saudara sebapak tidak bisa menghijab saudara seibu. Komparasi ini menjadi menarik, sebab menjadikan sistem kewarisan patrilineal yang dibangun oleh ahlussunnah waljamaah sering menghadapi ketidakkonsitenan. Rumusan masalah tesis ini adalah bagaimana kedudukan saudara seibu (laki-laki dan atau perempuan) dalam mewaris dikaitkan dengan sistem kekerabatan patrilineal yang dibangun oleh ahlusunnah waljamaah dan menghijab dikaitkan dengan sistem kekerabatan patrilineal dalam peraturan perundang-undangan. Tujuan dalam penelitian tesis ini adalah (1) menganalisa tentang kedudukan saudara seibu, baik laki-laki maupun perempuan dalam mewaris dikaitkan dengan sistem kekerabatan patrilineal yang dibangun oleh ahlussunnah waljamaah. dan (2) menganalisis tentang pertimbangan yuridis yang dijadikan dasar pertimbangan dalam memutus perkara yang terkait dengan kedudukan saudara seibu baik laki-laki maupun perempuan dalam menghijab. Untuk menganalisis permasalahan tesis ini, teori-teori yang akan dijadikan pedoman analisis adalah teori kepastian hukum, teori cita hukum dan teori kemaslahatan. Jenis penelitian tesis ini menggunakan metode hukum normatif yang terdiri dari pendekatan undang-undang (statue approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian tesis ini, penulis menyimpulkan bahwa hukum waris islam membedakan saudara menjadi (a) saudara kandung, (b) saudara sebapak, (c) saudar seibu. Saudara seibu baik laki-laki maupun perempuan hanya mewaris sebagai ahli waris dzul faraid, dengan kemungkinan bagian 1/3 bila lebih dari satu atau 1/6 bila hanya satu. Kedudukan saudara seibu, baik jenisnya maupun jumlah bagiannya, merupakan hasil ijtihad para ulama ahlusunnah waljamaah, sebab Al-Quran hanya menyebut “saudara”. Saudara seibu baik laki-laki maupun perempuan hanya terhijab hirman oleh bapak dan atau anak (baik anak laki-laki maupun anak perempuan). Sementara itu saudara kandung, baik laki-laki maupun perempuan dan saudara sebapak baik laki-laki maupun perempuan, terhijab hirman oleh bapak dan atau anak laki-laki saja. Hal ini tidak diikuti oleh Kompilasi Hukum Islam (KHI).

English Abstract

On this thesis, the writer raised the issues of sibling of the same mother’s standing inherited and shriveling according to the Islamic inheritance law. This is because the ulama ahlusunnah waljamaah in accordance with the patronymic principles, sibling of the same mother, both men and women, only inherited as dzul faraid heir. Neither the siblings nor the sibling of the same father cannot hijab the sibling of the same mother. This comparability becomes interesting, because it makes the patrilineal inheritance system built by ahlussunnah waljamaah often face inconsistencies. The formulation on this thesis problem is how the position of the sibling of the same mother, male and or female, in inherited is associated with the patrilineal kinship system established by the waljamaah ahlusunnah and hijab associated with the patrilineal kinship system in the legislation. The objectives of this thesis research are (1) to analyze the position of sibling of the same mother, both male and female in heritance associated with patrilineal kinship system built by ahlusunnah waljamaah, and (2) to analyze the juridical considerations which are used as the basis for consideration in deciding cases related to the position of the sibling of the same mother both male and female in shriveling. To analyze the problems of this thesis, the theories that will be used as the guidance of analysis are the theory of legal certainty, the theory of law and the theory of benefit. This type of thesis research uses normative legal methods consisting of a statue approach and conceptual approach. The results of this thesis research, the writer conclude that the Islamic law of inheritance distinguishes the siblings into (a) direct siblings (b) sibling of the same father (c) half sibling (same mother). Same mother half-siblings, both male and female, only inherited as the heirs of dhul faraid, with possibly one-third if more than one or one-sixth if only one. The position of the same mother half-siblings, both of its kind and the number of its parts, is the result of the ijtihad of the ahlusunnah waljamaan scholar, because the Al-Quran only mentions “siblings”. Same mother half siblings, both male or female, are only veiled by the father and/or sons (both boys and girls). Meanwhile, the direct siblings, both male and female and same father half siblings (male or female), were shriveled by the father and / or sons only. This is not followed by Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.052/ANJ/k/2018/041810039
Uncontrolled Keywords: INHERITANCE AND SUCCESSION (ISLAMIC LAW)
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.05 Inheritance, succession, fiduciary trusts, trustees > 346.052 Inheritance and succession
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:57
Last Modified: 16 Mar 2022 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177438
[thumbnail of NAZHIVA ANJANI TESIS.pdf]
Preview
Text
NAZHIVA ANJANI TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item