Studi Fenomenologi Pengalaman Perawat Dalam Penerapan Manajemen Pelayanan Kegawatan Pasien Sindrom Koroner Akut DICVCU Rumah Sakit Saiful Anwar Malang

Lestari, Ayu Wahyuni (2018) Studi Fenomenologi Pengalaman Perawat Dalam Penerapan Manajemen Pelayanan Kegawatan Pasien Sindrom Koroner Akut DICVCU Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sindrom Koroner Akut (SKA) merupakan salah satu jenis gangguan kardiovaskular yang paling banyak menyebabkan angka kematian yang tinggi (PERKI, 2015). Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2012 penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian utama dari seluruh penyakit tidak menular dan bertanggung jawab atas 17,5 juta kematian atau 46% dari seluruh kematian penyakit tidak menular. Dari data tersebut diperkirakan 7,4 juta kematian adalah serangan jantung akibat penyakit jantung koroner (PJK) dan 6,7 juta adalah stroke (Jim & Joseph, 2016). Tingginya angka kematian pada pasien SKA disebabkan karena berbagai macam faktor salah satunya yaitu keterlambatan dalam penanganan. Keterlambatan dalam penanganan SKA dapat mengakibatkan kematian (JAMA, 2010).Tingginya angka kematian pada pasien SKA dapat diantisipasi dengan memberikan pelayanan kegawatan yang berkualitas. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa dalam melaksanakan tugas, perawat masih belum sepenuhnya menerapkan manajemen pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan. Selain itu belum dilakukannya penilaian terhadap kinerja perawat CVCU bisa menjadi salah satu penyebab tidak menerapkan manajemen pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan di lingkungan rumah sakit. Dalam pelaksanaan manajemen pelayanan perawat memiliki pengalaman yang berbeda-beda.Hal ini akan menentukan keputusan yang akan diambil dalam menangani pasien SKA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif fenomenologi. Penelitian ini memperoleh izin komisi etik penelitian kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan nomor: 216 / EC / KEPK / 06 /2017 dan etik Rumah Sakit Saiful Anwar Malang dengan nomor: 400/139/K.3/302/2017. Partisipan dalam penelitian ini adalah 8 orang perawat yang vii bekerja di ruang CVCU, RSSA Malang Jawa Timur Indonesia. Tidak ada perawat yang menolak untuk berpartisipasi dalam penelitian. Sampel penelitian dipilih dari populasi menggunakan pendekatan purposive sampling (Streubert and Carpenter, 2011) berdasarkan kriteria inklusi meliputi: perawat memiliki pengalaman bekerja di ruang CVCU minimal 1 tahun, pernah merawat pasien dengan SKA, dan telah mengikuti pelatihan Basic Cardiac Life Support (BCLS). Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara semi terstruktur dan peneliti sebagai instrumen utamanya. Proses analisa data kualitatif diawali dengan membuat transkrip rekaman wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis tematik data sesuai dengan teori Braun and Clarke (2013). Hasil analisis adalah keputusan kata kunci, kategori, sub tema dan tema. Hasil penelitian ini meliputi karakteristik partisipan di antaranya usia partisipan antara 25-50 tahun dan lama masa bekerja berada pada rentang 1-20 tahun. Latar belakang pendidikan partisipan didominasi oleh D4 yaitu sebanyak 3 orang dan sebagian besar partisipan berstatus PNS yaitu sebanyak 5 orang. Keseluruhan partisipan memiliki sertifikat BCLS. Menurut hasil analisi data kualitatif, 7 tema dapat diidentifikasi berdasarkan jawaban partisipan yaitu merasa dalam menjalankan perencanaan sebatas membuat usulan, selalu dlibatkan dalam pengaturan pelayanan, pentingnya kerjasama tim intra dan inter professional, kadang merasa terjadi ketidakadilan dalam pemberian pelayanan, mengeluh ketidakpatuhan keluarga pasien sering mengganggu aktifitas perawat, beban kerja meningkat dan keterbatasan tenaga menyebabkan kelelahan serta menginginkan peningkatan mutu pelayanan yang berkualitas. Manajemen keperawatan merupakan suatu bentuk koordinasi dan integrasi sumber-sumber keperawatan dengan menerapkan proses manajemen untuk mencapai tujuan dan obyektifitas asuhan keperawatan dan pelayanan keperawatan, sehingga diperlukan kerjasama dari berbagai macam unsur yang terkait. Manajemen pelayanan terdiri dari empat unsur yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun peran perawat dalam menjalankan perencanaan sebatas membuat usulan kepada pimpinan terkait tentang kebutuhan-kebutuhan selama proses pemberian layanan. Selain memilki wewenang untuk memberikan usulan, perawat dalam menjalankan manajemen selalu dilibatkan dalam pengaturan viii pelayanan, untuk mencapai pemberian pelayanan yang berkualitas dibutuhkan kerjasama tim intra dan interprofesional yang melibatkan berbagai disiplin profesi kesehatan, akan tetapi dalam proses pelaksanaan kadang terjadi ketidakadilan dalam pemberian pelayanan yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan manajemen pelayanan kegawatan . Selain itu, sering kali ketidakpatuhan keluarga pasien sering mengganggu aktivitas perawat yang menyebabkan tindakan perawat tidak optimal dan lingkungan menjadi crowded serta keterbatasan tenaga dan beban kerja meningkat sering kali masih menjadi salah satu hambatan dalam pemberian pelayanan yang optimal. Harapan dalam peningkatan mutu pelayanan menjadi prioritas utama dalam mencapai pelayanan yang berkualitas.

English Abstract

Acute coronary syndrome (ACS) is one of the most common types of cardiovascular disorders that lead to high mortality (PERKI, 2015). According to World Health Organization (WHO) data in 2012 cardiovascular disease is the leading cause of death from all non-communicable diseases and is responsible for 17.5 million deaths or 46% of all non-communicable diseases deaths. From the data estimated that 7.4 million deaths are heart attacks from coronary heart disease (CHD) and 6.7 million are stroke (Jim & Joseph, 2016). The high mortality rate in patients with acute coronary syndrome is caused by various factors one of which is delay in handling. Delays in SKA handling can result in death (JAMA, 2010). The high mortality rate in patients with acute coronary syndromes can be anticipated by providing quality care services. The results of the preliminary study indicate that in performing the duties, the nurse is still not fully implement service management in accordance with service standards. In addition, the assessment on the performance of CVCU nurses can be one of the causes of not implementing service management in accordance with service standards in the hospital environment. In the implementation of nursing service management having different experiences this will determine the decisions to be taken in dealing with patients with acute coronary syndromes. This research is a qualitative research with descriptive approach of phenomenology. This research received permission from Medical Research Ethics Commission of Universitas Brawijaya Medical Faculty with number: 216 / EC / KEPK / 06/2017 and Ethics Hospital of anwar malang saiful with number: 400/139 / K.3 / 302/2017. Participants in this study were 8 nurses working in the CVCU room, RSSA Malang East Java Indonesia. no nurses refused to participate in the study. The sample sample was selected from population using purposive sampling approach (Streubert & Carpenter, 2011) based on inclusion criteria including: nurses have experience working in CVCU room at least 1 year, have treated patient with SKA, and have followed Basic Cardiac Life Support (BCLS) training. The process of data collection is done by in-depth interviews using semi-structured interview guidelines and researchers as the main instrument. The process of qualitative data analysis begins with making transcript of interview recording. This research uses data thematic analysis method according to Braun and Clarke theory (2013). The analysis results are keyword, category, sub theme and theme decisions. x The results of this study include the characteristics of participants including the age of participants between 25-50 years and duration of work is in the range of 1-20 years. The background of the participants is dominated by D4 that is as much as 3 people and most of the participants are civil servants who sebnyak 5 people. All participants have BCLS certificates. According to the results of qualitative data analysis, 7 themes can be identified based on participant's answer that is felt in running the planning limited to make suggestions, always involved in arrangement of service, the importance of teamwork intra and inter professional, sometimes feel happened injustice in service delivery, complaining non- nurse activity, fatigue of limited labor and increased workload and want to improve quality of service quality. Nursing management is a form of coordination and integration of nursing resources by applying management processes to achieve the objectives and objectivity of nursing care and nursing services, so that the necessary cooperation of various related elements. Service management consists of four elements namely planning, organizing, implementation and evaluation. The role of nurses in running the planning limited to make suggestions to the relevant leaders about the needs during the service delivery process. In addition to the mimilki authority to provide suggestions, nurses in carrying out the management is always involved in the arrangement of services, to achieve the provision of quality services required intra and interprofesional team cooperation involving various disciplines of health professions, but in the implementation process sometimes happened injustice in service delivery which became obstacles in the implementation of management of emergency services. In addition, the frequent disobedience of the patient's family often disrupts the nurse's activities which leads to nurse actions being not optimal and the environment becomes crowded as well as the limited workforce and increased workload are often still one of the obstacles in optimal service delivery. The expectation of improving the quality of service is a top priority in achieving the service.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/610.73/LES/s/2018/041808098
Uncontrolled Keywords: NURSING - HEALTH FASILITIES, HEALTH SERVICES ADMINISTRATION
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:09
Last Modified: 16 Dec 2020 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177426
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item