Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Anggota Kelompok Melalui Inovasi (Studi Pada Kelompok Tenun Ikat Suka Maju Di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur (NTT))

Bani, Marlinda Pala (2019) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Anggota Kelompok Melalui Inovasi (Studi Pada Kelompok Tenun Ikat Suka Maju Di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur (NTT)). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kontes penelitian ini berfokus pada pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja anggota kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja anggota kelompok; (2) pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja anggota kelompok; (3) pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap inovasi; (4) pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi; (5) pengaruh inovasi terhadap kinerja anggota kelompok. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian ini dilakukan pada anggota Kelompok Tenun Ikat Suka Maju di Kabupaten Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur. Variabel yang digunakan terdiri dari: Orientasi Kewirausahaan (X1), Orientasi Pasar (X2), Inovasi (Y1) dan Kinerja Anggota Kelompok (Y2). Dependen variable dalam penelitian ini adalah Inovasi (Y1) dan kinerja anggota kelompok (Y2). Seluruh variabel diukur dengan skala likert. Menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 50 orang anggota kelompok tenun ikat suka maju. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Partial least square (PLS) dengan menggunakan aplikasi software smartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja anggota kelompok; 2) orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja anggota kelompok; 3) orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap inovasi; 4) orientasi pasar berpengaruh terhadap inovasi dan 5) inovasi berpengaruh terhadap kinerja anggota kelompok.

English Abstract

This study focuses on the influence of entrepreneurship orientation and market orientation on the performance of group members. The objective of this study is to identify and explain (1) the influence of entrepreneurial orientation on group member‟s performance, (2) the influence of market orientation on group member‟s performance, (3) the influence of entrepreneurship orientation on innovation, (4) the influence of market orientation on innovation, and (5) the influence of innovation on group member‟s performance. This quantitative research was conducted on members of a tenun ikat group Suka Maju in Timor Tengah Utara Regency of East Nusa Tenggara. The independent variables are entrepreneurial orientation (X1) and market orientation (X2), and the dependent variables are innovation (Y1) and group member‟s performance (Y2). All variables were measured using Likert scale, and fifty members of tenun ikat group Suka Maju were selected as the sample using saturated sampling. The data was analyzed using descriptive analysis and Partial Least Squares (PLS) in SmartPLS 3.0. This study finds that (1) entrepreneurial orientation influences group member‟s performance, (2) market orientation influences group member‟s performance, (3) entrepreneurial orientation influences innovation, (4) market orientation influences innovation, and (5) innovation influences group member‟s performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.04/BAN/p/2019/041909554
Uncontrolled Keywords: SOCIAL ENTREPRENEURSHIP, ENTREPRENEURSHIP, SMALL BUSINESS
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.04 Entrepreneurship
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:50
Last Modified: 11 Jan 2022 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177375
[thumbnail of Marlinda Pala Bani (2).pdf]
Preview
Text
Marlinda Pala Bani (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item