Putri, Nadia Oktiffany (2019) Pengaruh pembelajaran model aplikasi Bantuan Hidup Dasar terhadap peningkatan pengetahuan, efikasi diri, dan keterampilan pada mahasiswa keperawatan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengetahuan dan kemampuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) penting dimiliki untuk membantu seseorang yang mengalami kondisi mengancam nyawa. Penurunan kelangsungan hidup korban berhubungan dengan kondisi mengancam nyawa yang belum tertangani dengan baik. Penanganan awal yang tidak dilakukan menjadi salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas korban. Bantuan Hidup Dasar dapat diberikan oleh siapa saja yang dapat melakukannya, yang biasa disebut dengan bystander. Bystander dapat meliputi orang awam, polisi, dokter, perawat, paramedis serta mahasiswa keperawatan. Pengetahuan dan kemampuan BHD pada mahasiswa keperawatan saat ini masih belum maksimal. Studi sebelumnya menyatakan bahwa pengetahuan mahasiswa keperawatan terhadap BHD tidak dapat bertahan lama. Studi lainnya menunjukkan jika keterampilan dalam melaksanakan BHD pada mahasiswa keperawatan juga masih rendah. Fakta lainnya menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki efikasi diri yang rendah terhadap BHD. Hal tersebut disebabkan karena takut melakukan kesalahan pertolongan serta takut semakin memperburuk kondisi korban. Upaya untuk mengatasi pemahaman mahasiswa keperawatan terkait BHD adalah dengan memberikan pembelajaran BHD. Metode pembelajaran BHD yang biasa digunakan dapat bersifat tradisional maupun nontradisional. Hasil studi pendahuluan menunjukkan jika 90,19% mahasiswa belum memiliki pengetahuan mengenai BHD sebelumnya. Sebanyak 62,74% mahasiswa tidak yakin untuk melaksanakan BHD karena belum paham mengenai BHD. Data lainnya menunjukkan jika 86,27% mahasiswa belum pernah melaksanakan tindakan BHD sebelumnya. Penelitian ini mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi dengan media aplikasi ponsel. Model aplikasi menawarkan proses pembelajaran yang mengutamakan fleksibilitas dan berpusat pada mobilitas dari mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan model aplikasi BHD terhadap peningkatan pengetahuan, efikasi diri, dan keterampilan pada mahasiswa keperawatan Desain penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis true-experimental study. Rancangan penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest with control group dengan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan intervensi. Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran BHD dengan metode tradisional (ceramah dan demonstrasi) dan kelompok intervensi diberi pembelajaran BHD menggunakan metode non-tradisional (model aplikasi). Lokasi penelitian ialah di STIKes Kendedes Malang. Total responden dalam penelitian ini ialah 48 responden dengan masing-masing kelompok terdiri dari 24 responden. Responden dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditetapkan peneliti. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran BHD. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dilakukan uji statistik dengan uji t berpasangan, uji t tidak berpasangan, dan uji MANOVA. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan jika pada variabel pengetahuan, nilai signifikansi yang didapatkan ialah 0,016 (p-value < 0,05) yang bermakna terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada variabel pengetahuan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi, dengan rata-rata nilai selisih lebih tinggi pada kelompokviii intervensi (33,75). Pada variabel efikasi diri menunjukkan hasil jika nilai p-value = 0,024 (p-value < 0,05) yang bermakna terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada efikasi diri antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi, dengan rata-rata nilai selisih lebih tinggi pada kelompok intervensi (14,46). Pada variabel keterampilan, nilai p-value = 0,045 (p-value < 0,05) yang memberikan makna bahwa terdapat perbedaan peningkatan pada variabel keterampilan secara signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi, dengan rata-rata nilai selisih lebih tinggi pada kelompok intervensi (69,80). Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai simultan dengan p-value = 0,031 (p-value < 0,05), yang bermakna bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan kedua metode pembelajaran terhadap keseluruhan variabel secara simultan. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan yang meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata lebih tinggi setelah diberikan pembelajaran BHD dengan model aplikasi yang ditanamkan pada ponsel dapat dijelaskan secara teoritis. Hasil tersebut juga serupa dengan penelitian sebelumnya yang telah ada. Peningkatan pengetahuan tersebut dapat dicapai karena pada aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini disediakan fitur materi yang secara ringkas dimasukkan ke dalam aplikasi. Materi yang disajikan melalui aplikasi membuat peserta didik menjadi lebih sering terpapar dengan informasi atau ilmu yang dibutuhkan sehingga membantu informasi tersebut dapat tersimpan di memori dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal tersebut dapat terjadi karena pembelajaran dengan model aplikasi dapat dijangkau mahasiswa untuk dipelajari di mana saja dan kapan saja. Pengetahuan yang meningkat sejalan dengan efikasi diri yang juga mengalami peningkatan sebagai hasil dari pembelajaran menggunakan model aplikasi. Penggunaan metode pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi akan membuat pembelajaran lebih kompatibel sesuai konteks dan berpotensi memberikan dampak lebih besar terhadap efikasi diri dan perkembangan keterampilan siswa / mahasiswa di era abad ke-21 ini. Aspek keterampilan juga dapat meningkat dengan metode pembelajaran tersebut. Bantuan teknologi dapat membantu proses pembelajaran melalui komponen yang terlibat di dalamnya. Kombinasi gambar, audio, dan teks memberikan efek imajinasi sesuai informasi yang diterima pada otak manusia. Hal tersebut mampu meningkatkan kognitif peserta didik sebagai hasil dari proses pembelajaran dan mempengaruhi aspek keterampilan yang dimiliki untuk melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan informasi / materi yang telah diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh dari pembelajaran BHD menggunakan model aplikasi terhadap meningkatnya pengetahuan, efikasi diri, dan keterampilan pada mahasiswa keperawatan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dapat mengoptimalkan proses belajar dan hasil capaian dari pembelajaran BHD, sehingga model aplikasi dapat menjadi salah satu metode alternatif dalam pembelajaran BH
English Abstract
ory. Other studies showed that skills in implementing BLS in nursing students are also still low. Other facts showed that nursing students have low self-efficacy in BLS action. This is due to the fear of making mistakes and fear that the condition of the victim will be getting worsen. The effort to improve the understanding of nursing students related to BLS is by providing BLS learning. Basic Life Support learning methods commonly used nowadays are traditional and non-traditional methods. The results of the preliminary study indicate that 90.19% of students do not have BLS knowledge previously. As many as 62.74% of students are not sure to implement BLS because they do not understand BLS. Other data shows if 86.27% of students never carried out BLS actions previously. Based on the previous explanation, this study developed a technology-based learning method with mobile applications. The application model offers a learning process that prioritizes flexibility and centered on the students’ mobility. The purpose of this study was to analyze the effect of BLS learning with application model on improving knowledge, self-efficacy, and skills in nursing students. The design of this study is a quantitative research with a true-experimental study type. The design was pre-test and post-test control group design with two comparison groups, which is the control group and the experiment group. The control group got BLS learning with traditional method (lecture and demonstration) and the experiment group got BLS learning with non-traditional method (mobile application). The study located in STIKes Kendedes Malang. The total respondents in this study were 48 respondents with each group consisting of 24 respondents. Respondents were selected based on the inclusion criteria. The data was taken twice, before and after BLS learning. The instrument for collecting data was questionnaire and observation sheet. Furthermore, the collected data is carried out for statistical analysis using paired t-test, independent t-test, and MANOVA test The results from independent t-test indicated that in the knowledge variable, the significant value was 0.016 (p-value < 0.05) which means there was significant difference in knowledge improvement between the control group and experiment group, with the higher mean score difference was in experiment group (33.75). In self-efficacy variable, the result showed p-value = 0.024 (p-value < 0.05) which means that there was significant difference in self-efficacy improvement between the control group and experiment group with the higher mean score difference was in experiment group (14.46). In skill variable, the p-value = 0.045 (p-value < 0.05) which means that there was significant difference in skill improvement between the control group and experiment group with the higher mean score difference was in experiment group (69.80). The results of the MANOVA test showedx a simultaneous value with p-value = 0.031 (p-value <0.05), which means that there was a significant effect of both learning methods to all variables simultaneously. The result showed that knowledge improves after receiving BLS learning with mobile application can be explained theoretically. This findings are similar to previous study that already exist. The improvement in knowledge aspect can be achieved because the mobile application in this study comes with a BLS concept menus. The BLS concept menus through the application make students more often exposed to the information, so it can be stored in memory for a long period of time. It can happen because learning with mobile application gives the flexibility, so the students can learn anytime and anywhere as they want. The improvement also occurred in self-efficacy aspect as a result of BLS learning using mobile application. The learning method by utilizing technological advances will make learning process more compatible and potentially give a greater impact on students’ selfefficacy and skill development in this 21st century era. The improvement happens not only in knowledge and self-efficacy, but also in the skill aspect. Technology assistance can help the learning process through a combination of several components which involved in it. The combination of image, audio, text, and others will give an imagination impact according to information that received in human brain. That process able to improve the students’ cognitive and influence the skill to take the right action in accordance to the information that has been received. This study conclude that there is an influence of BLS learning using mobile application in improving knowledge, self-efficacy, and skill in nursing students. The recommendation of this study is learning by utilizing technological-based can optimize the learning process and the results of BLS learning, so that the application model can be one of the alternative methods in BLS learnin
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/610.73/PUT/p/2019/041903924 |
Uncontrolled Keywords: | NURSING STUDENTS--TRAINING OF |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 10:13 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 02:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177363 |
Preview |
Text
Nadia Oktiffany Putri.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |