Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty ( Studi Pada Konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Kelas VIP Di Jakarta )

Lukmansyah, Muhamad Syauqi (2019) Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty ( Studi Pada Konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Kelas VIP Di Jakarta ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu bidang jasa yang termasuk dalam industri kesehatan, Seiring perkembangan bisnis dan teknologi, indsutri kesehatan menjadi peluang usaha dan mengalami persaingan tersendiri. Di berbagai negara tingkat kesadaran manusia akan kesehatan semakin meningkat, berbagai macam bentuk pengalaman dan pelayanan yang dirasakan konsumen akan mempengaruhi eksistensi rumah sakit karena konsumen rumah sakit merasakan hal tersebut secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Experiential Marketing pada loyalitas konsumen (Customer Loyalty). Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan instrument penelitian meliputi uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik, untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dari 120 konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Kelas VIP. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Experiential Marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty pada konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Kelas VIP. Dimana masing masing indikator dari experiential marketing berhubungan satu sama lain untuk membentuk loyalitas pelanggan terhadap konsumen Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Kelas VIP

English Abstract

Hospital is one of the service sectors included in the health industry. As the development of business and technology, the health industry becomes a business opportunity and experiences its own competition. In various countries the level of human awareness of health is increasing, various forms of experience and services perceived by consumers will affect the existence of hospitals because consumers of the hospital feel that directly. This study aims to determine the effect of the application of Experiential Marketing on customer loyalty (Customer Loyalty). This type of research is Explanatory Research. The analytical tool used in this study is multiple linear regression analysis using research instruments including validity and reliability tests and classic assumption tests, to analyze data collected from 120 consumers at Pondok Indah Jakarta Hospital, VIP Class. The results obtained from this study are Experiential Marketing which consisting of sense, feel, think, act, and relate has a positive and significant influence on Customer Loyalty at consumers Pondok Indah Jakarta VIP Class. Where each indicator related to each other created customer loyalty to consumers at Pondok Indah Jakarta Hospital, VIP Class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/591/051911285
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Customer Loyalty,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2020 09:58
Last Modified: 19 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177359
[thumbnail of Muhamad Syauqi Lukmansyah.pdf]
Preview
Text
Muhamad Syauqi Lukmansyah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item