Pengaruh Bauran Pemsaran jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Survey pada Pengunjung Museum Sejarah Jakarta)

Budiartha, Rifky (2019) Pengaruh Bauran Pemsaran jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Survey pada Pengunjung Museum Sejarah Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan signifikansi pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process, secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung; 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan signifikansi pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process, secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Explanatory dengan pendekatan kuntitatif. Objek penelitian ini adalah pengunjung Museum Sejarah Jakarta. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Machin dan Chambell dan mendapatkan sampel sebanyak 113 orang responden. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menyebar angket kepada pengunjung Museum Sejarah Jakarta. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process berpanguh signifikan terhdap Keputusan berkunjung wisatawan secara simultan (bersama-sama). Sedangkan pada masing-masing variabel Product, Price, Promotion, People, Process tidak berpengaruh signifikan atau tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Sedangkan masing-masing variabel Place, Physical Evidence berpanguh signifikan atau berpengaruh secaraparsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan.

English Abstract

The purpose of this study is 1) To know and explain the significance of the influence of the service marketing mix consisting of Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, and Process, jointly influencing the Visiting Decision; 2) To find out and explain the significance of the influence of the service marketing mix consisting of Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, and Process, partially influence the Visiting Decision. The type of research used is Explanatory with a quantitative approach. The object of this research is visitors to the Jakarta History Museum. The sampling technique used was using the Machin and Chambell formulas and obtained a sample of 113 respondents. The method used in data collection was distributing questionnaires to visitors to the Jakarta History Museum. The test tool used to test the instrument of this research is validity test, reliability test. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. Based on the results of this study, it can be concluded that the Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, and Process have significant influence on the decision to visit tourists simultaneously (together). Whereas in each Product variable, Price, Promotion, People, Process does not have a significant effect or does not partially influence the decision of visiting tourists. While each Place variable, Physical Evidence is significant or has a significant effect on tourists visiting decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/736/051911275
Uncontrolled Keywords: Keputusan Berkunjung, Bauran Pemasaran-Visiting Decisions, Marketing Mix.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:31
Last Modified: 21 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177336
[thumbnail of Rifky Budiartha.pdf]
Preview
Text
Rifky Budiartha.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item