Business Intelligence System (Bis) Berbasis Critical Succes Factor (Csf) Dengan Modified Particle Swarm Optimization (M-Pso) Pada Poliklinik Universitas Brawijaya

Nugraha, Bagas Satya Dian (2018) Business Intelligence System (Bis) Berbasis Critical Succes Factor (Csf) Dengan Modified Particle Swarm Optimization (M-Pso) Pada Poliklinik Universitas Brawijaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pelayanan kesehatan merupakan salah satu sektor bidang jasa yang kini memiliki perkembangan pesat dan konstan. Didalam sektor ini banyak isu yang harus dihadapi oleh manajemen pelayanan kesehatan. Selain masalah penyakit, hal utama yang menjadi perhatian adalah mutu penyelenggaraan layanan. Mutu layanan yang diberikan oleh penyelenggara medis harus dapat berkembang dan meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah upaya untuk meningkatkan mutu layanan. Dalam upaya peningkatan mutu sehingga mencapai standar yang telah ditentukan oleh peraturan menteri kesehatan nomor 46 tahun 2015, maka penyelenggara layanan kesehatan dituntut untuk memiliki strategi pengembangan. Pada penelitian ini dibangun Business Intelligence System (BIS) yang mampu menghasilkan strategi pengembangan sebagai upaya peningkatan mutu pada pelayanan kesehatan. Sebagai studi kasus dipilih Poliklinik Universitas Brawijaya yang merupakan unit pelaksana non-akademik penyelenggara layanan kesehatan dalam lingkup wilayah Universitas Brawijaya. Sistem dikombinasikan dengan kecerdasan buatan yaitu Modified Particle Swarm Optimization (M-PSO). M-PSO merupakan salah satu pengembangan dari teknik optimasi Particle Swarm Optimization (PSO) yang didasarkan pada kelemahan yang dimunculkan oleh PSO umum dalam menangani permasalahan yang kompleks. Algoritma ini menggunakan konsep subpopulasi, dimana populasi yang utuh dibagi menjadi beberapa subpopulasi untuk menyelesaikan fungsi multimodal. Dengan menggunakan metode ini, setiap populasi secara terpisah dapat menemukan solusi terbaik masing-masing, bukan sebagai partikel terbaik dari keseluruhan populasi. Sistem didasarkan pula pada parameter penting yaitu Critical Success Factor (CSF) dan Key Performance Indicator (KPI) yang digunakan untuk membantu sistem dalam melakukan penilaian dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengembangan berupa kegiatan dan aktivitas yang perlu dilakukan untuk menunjang peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

English Abstract

The health service sector is one of the service sectors which now has a rapid and constant development. In this sector many issues must be faced by health service management. In addition to disease problems, the main concern is the quality of service delivery. The quality of services provided by medical providers should be able to grow and increase along with the community's health needs. Therefore an effort is needed to improve the quality of service. In an effort to improve the quality so as to achieve the standards set by the regulation of health minister number 46 of 2015, health providers are required to have a development strategy. In this research, built a Business Intelligence System (BIS) that can generate development strategy as an effort to improve the quality of health service. As a case study Poliklinik Universitas Brawijaya is selected. Poliklinik Universitas Brawijaya is a nonacademic implementing unit of health service provider within the scope of Brawijaya University region. The system is combined with artificial intelligence that is Modified Particle Swarm Optimization (M-PSO). M-PSO is one of the development of Particle Swarm Optimization (PSO) techniques based on the weaknesses raised by common PSOs in dealing with complex issues. This algorithm uses the concept of subpopulation, where the whole population is divided into several subpopulations to complete the multimodal function. Using this method, each population separately can find the best solution of each, not as the best particle of the entire population. The system is also based on the important parameters of the Critical Success Factor (CSF) and Key Performance Indicator (KPI) used to assist the system in making judgments and decision making. The result of this research is development strategy in the form of activities that need to be done to support the improvement of health service quality.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.05/NUG/b/2018/041804504
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.05 Computer applications
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Dec 2019 06:03
Last Modified: 23 Dec 2019 06:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177303
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item