Basuki, Hakim Aulia (2019) Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Di Ukm Smoo Desa Watugede Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Ja Timur Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin ketatnya persaingan produk olahan ikan serta semakin banyaknya pesaing yang menjalankan usaha sejenis, maka sebuah usaha perlu bersaing agar dapat bertahan dengan menyusun strategi yang dapat diterapkan. Strategi inovasi bisnis harus disiapkan untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Dalam hal ini UKM Smookie sebaiknya memiliki model bisnis yang dapat bertahan, bersaing, serta memenangkan bisnis di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Business Model Canvas yang dijalankan UKM Smookie dan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha UKM Smookie. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sumber data sekunder. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Business Model Canvas, Identifikasi SWOT dalam Business Model Canvas, External Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS), diagram analisis SWOT, dan matriks SWOT. Berdasarkan penelitian Pada Business Model Canvas yang sedang dijalankan oleh UKM Smookie, pada Customer segments yaitu pasar ceruk dimana pelanggan yang dituju sudah spesifik. Value Propositions yang ditawarkan yaitu penyesuaian produk dengan kebutuhan pelanggan, sifat baru berupa olahan lele asap, harga yang terjangkau, kemudahan akses, dan mudah untuk diolah. Channels yang dilalui beberapa fase yakni saluran langsung, evaluasi, pembelian, penyampaian, serta purnajual. Customer Relationships yakni bantuan personal dan kokreasi. Revenue Streams yang berasal dari penjualan tiga produk dengan produk unggulan Tralala Trelele (lele fillet asap). Key Resources yang dimiliki yakni fasilitas, intelektual, sumber daya manusa, serta finansial. Key Activities yang dilakukan yakni dari tahap pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Key Partnerships yaitu pemasok dan Non-pesaing. Serta Cost Structure yang terdiri dari pengeluaran biaya variabel dan biaya tetap. Berdasarkan hasil analisis SWOT pada UKM Smookie, diperoleh strategi berupa strategi agresif yaitu strategi SO (Strengths-Opportunities) yang menjadikan pengembangan usaha berfokus untuk memaksimalkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang. Memaksimalkan kekuatan dengan mengembangkan segmen pelanggan dan diferensiasi produk. Sedangkan untuk pemanfaatan peluang, dapat mengoptimalkan struktur biaya dengan cara berlangganan dengan supplier bahan baku, memanfaatkan database, serta meningkatkan pemasaran produk.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2019/892/051911140 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Nov 2020 03:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177300 |
Preview |
Text
HAKIM AULIA BASUKI (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |