Analisa Faktor Pelayanan Keperawatan yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan.

Akbar, Dian Rahmadin (2018) Analisa Faktor Pelayanan Keperawatan yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh penyedia jasa layananan kesehatan. Rata-rata yang didapatkan dari beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukkan 67% pasien yang mengeluh adanya ketidakpuasan dalam penerimaan pelayanan keperawatan, lebih dari separuh responden tidak puas dengan BPJS. Hasil pengukuran kepuasan pelanggan yang objektif dan akurat dapat membantu rumah sakit dalam merumuskan bentuk pelayanan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis faktor pelayanan keperawatan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 135 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling. Instrument yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan Strctural Equation Modelling untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS di Instalasi Gawat Darurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p value pada faktor pelayanan keperawatan meliputi waktu tanggap perawat, kesigapan perawat, sikap perawat, dan tindakan perawat menunjukkan nilai p value yang sama yaitu 0,000 atau < 0,05 yang artinya signifikan atau masing-masing faktor tersebut terdapat pengaruh terhadap kepuasan pasien, dan Jika dilihat dari skor estimate standardized regression weights keempat faktor pelayanan keperawatan tersebut yang memiliki pengaruh atau kontribusi terhadap kepuasan pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan adalah waktu tanggap perawat. Perawat perlu menambah pemahaman tentang cara memberikan pelayanan yang berkualitas termasuk kecepatan, ketepatan serta kehandalan dalam memberikan penanganan kepada pasien di IGD.

English Abstract

Patient satisfaction is an indicator of the good or bad quality of health services provided by health care providers. On average, obtained from several hospitals in Indonesia showed 67% of patients complaining of dissatisfaction in receiving nursing services, more than half of respondents were dissatisfied with BPJS. Objective and accurate measurement of customer satisfaction can help hospitals form better services. The purpose of this study was to analyze the factors of nursing services that affect the satisfaction of BPJS patients in the Dr. R. Soedarsono, Pasuruan City. This research method is analytic observational with cross sectional approach involving 135 respondents. The sampling technique uses consecutive sampling method. Instrument used is questionnaire sheet and observation sheet. Data were analyzed using Structural Equation Modeling to determine the effect between variables used and to determine the factors that most influence the satisfaction of BPJS patients in the Emergency Department. The results showed that the value of p value on the factors of nursing services include the response time of nurses, alertness of nurses, the attitude of nurses, and the actions of nurses showed the same p value of 0.000 or <0.05 which means significant or each of these factors has an influence on patient satisfaction, and When viewed from the score estimate standardized regression weights these four factors of nursing services have an influence or contribution to the satisfaction of BPJS patients in the Dr. R. Soedarsono, Pasuruan City, is a nurse's response time. Nurses need to increase understanding about how to provide quality services including speed, accuracy and reliability in providing care to patients in the ED.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/610.737/AKB/a/2018/041809782
Uncontrolled Keywords: NURSING SERVICES, PATIENT SATISFACTION, EMERGENCY MEDICAL SERVICES
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel > 610.737 Services of allied health personnel
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:50
Last Modified: 21 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177297
[thumbnail of Dian Rahmadin Akbar (2).pdf]
Preview
Text
Dian Rahmadin Akbar (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item