Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Pelatihan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Zulwansyah, Ahmad (2019) Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Pelatihan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perikanan adalah suatu kegiatan perekonomian yang memanfaatkan sumber daya alam perikanan dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan manusia dengan mengoptimalisasikan dan memelihara produktivitas sumberdaya perikanan dapat dan kelestarian lingkungan. Sumberdaya perikanan dapat dipandang sebagai suatu komponen dari ekosistem perikanan berperan sebagai faktor produksi yang diperlukan untuk menghasilkan suatu output yang bernilai ekonomi masa kini maupun masa mendatang Potensi sumberdaya kelautan dan perikanan di Indonesia begitu melimpahnya, dengan potensi garis pantai sepanjang 81.000 km dan jumlah pulau sebanyak 17.504 pulau serta luas lautan 5,8 km, seharusnya dapat menjadi penyumbang devisa yang utama bagi bangsa Indonesia. Dengan besarnya Sumber daya alam yang dimiliki oleh Negara Republik Indonesia, maka dibutuhkan Sumber daya manusia yang mumpuni guna mengelola Sumber daya alam di Indonesia Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu. Salah satu output yang mencerminkan tercapai atau tidaknya tujuan organisasi adalah kinerja pegawai. Ada banyak sekali variabel yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai, diantaranya ada kepuasan kerja, motivasi kerja, pelatihan kerja dan loyalitas kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepuasan kerja, motivasi kerja, pelatihan kerja dan loyalitas kerja terhadap kinerja pegawai Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang secara bersama-sama maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu berupa angket/kuisioner. Sedangkan data sekunder dokumen mengenai sejarah singkat, tugas pokok dan fungsi instansi, struktur organisasi pada Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang. Data diinput melalui software SPSS menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji statistika. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial, ada satu variabel yang berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, yaitu pelatihan kerja. Hal ini dikarenakan variabel tersebut memiliki nilai signifikan sebesar 0,103 yang berarti lebih besar dari dari 0,05 dan dikarenakan pelatihan kerja yang ada hanya berbasis evaluasi saja tidak ada pembelajaran ataupun pelatihan keterampilan bidang kerja terkait. Namun, secara bersama-sama, variabel kepuasan kerja, motivasi kerja, pelatihan kerja dan loyalitas kerja berpengaruhv signifikan terhadap kinerja pegawai Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang, Jawa Timur. Besar koefisien determinasi sebesar 66,7%, yang artinya variabel kinerja pegawai dipengaruhi oleh variabel kepuasan kerja, motivasi kerja, pelatihan kerja dan loyalitas kerja sebesar 66,7%. Sisanya sebesar 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang harus lebih meningkatkan variabel kepuasan kerja khususnya penambahan gaji yang masih kurang jika dibandingkan dengan UMK Kota Malang sehingga kinerja pegawai semakin meningkat. Dikarenakan variabel kepuasan kerja merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang paling signifikan diantara variabel lainnya secara bersama-sama maupun parsial. Selain itu, harus meningkatkan variabel pelatihan kerja, dengan cara mengubah cara pelatihan yang pada awalanya berorientasi hanya kepada evaluasi kinerja menjadi pelatihan yang dapat membuat pegawai mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan pekerjaannya guna meningkatkan kinerja pegawai Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang, Jawa Timur. Atau jika tidak dilaksanakan pelatihan setiap orang dalam bidang masing-masing, maka seharusnya kepala bidang yang mendapat pelatihan atau orang yang mendapat pelatihan, harus membimbing dan memberikan ilmunya terhadap rekan kerja yang tidak mendapatkan pelatihan kerja, sehingga diharapkan semua pegawai Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang paham betul dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/845/051911093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies > 630.7 Education, research, related topics > 630.71 Education / Agricultural education > 630.715 Adult education and on-the-job training / Agricultural extension work / Agricultural extension workers
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:31
Last Modified: 21 Oct 2021 00:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177249
[thumbnail of AHMAD ZULWANSYAH (2).pdf]
Preview
Text
AHMAD ZULWANSYAH (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item